Indonesia Positif

Melalui Sabun Cuci Tangan, Dosen FEB Unisma Malang Pulihkan Ekonomi Warga Bunulrejo

Rabu, 21 April 2021 - 15:04 | 61.32k
Pembuatan sabun cuci tangan berbahan lemon bersama Dosen FEB Unisma Deny Irfayanti, SE, MM dan Ibu-ibu PKK Bunulrejo
Pembuatan sabun cuci tangan berbahan lemon bersama Dosen FEB Unisma Deny Irfayanti, SE, MM dan Ibu-ibu PKK Bunulrejo

TIMESINDONESIA, MALANG – Tim dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma Malang yang dikomandani  Deny Irfayanti, SE,  MM  membuat sabun cair yang telah diteliti mampu mengusir Covid-19.

Bermodalkan ide sabun cuci tangan berbahan lemon inilah Tim Pengabdian Masyarakat yang beranggotakan Nanik Wahyuningtyas, SE, MM dan Arifin (mahasiswa FEB Unisma ) memenangkan Program Hibah Klasterisasi UNISMA ( HIMA) melalui Program Kemitraan Masyarakat Tahun Anggaran 2021.

unisma b

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Sejalan dengan persoalan Covid-19 yang belum berakhir, program pengabdian masyarakat diarahkan untuk membantu masyarakat dalam menghadapi berbagai persoalan akibat adanya virus corona inilah yang menjadi starting poin bahwa program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memutus penyebaran covid-19 dan  membangkitkan perekonomian warga Bunulrejo Kota Malang bisa lolos pendanaan HIMA karena sejalan dengan roadmap pengabdian masyarakat  FEB Unisma dan LPPM Unisma.

Salah satu kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma Malang, Deni Irfayanti dkk berupaya membantu perekonomian masyarakat terdampak covid-19 dengan membuat sabun cuci tangan berbahan lemon yang dirasa mampu membasmi virus Covid 19 dengan harapan sabun cuci tangan berbahan lemon bisa digunakan sendiri ataupun dijual sehingga bisa menambah penghasilan keluarga.

Menurut Irfayanti,  program pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan  ini dilaksanakan secara luring ( tatap muka) dengan tetap memperhatikan standar protokol kesehatan.

Dalam menjalankan Program Pengabdian ini, diawali dengan penjelasan  tentang pentingnya pelaksanakan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan menggunakan handsanitizer atau sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitasi dan interaksi sebagai langkah untuk memutus rantai penyebaran covid-19 ini.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Selanjutnya Irfayanti menjelaskan bahwa sengaja membuat sabun cair berbahan lemon, didasarkan bahwa im  hasil penelitian  menemukan bahwa sebenarnya lemon  merupakan bahan herbal paling baik untuk melawan virus dan kaya antioksidan.

“Salah satu senyawa dalam lemon  yang dapat menghalangi penyebaran virus corona dimana kandungan dalam lemon  herbal terbaik untuk melawan betacoronavirus, termasuk Covid- 19.Menurut peneliti, lemon  dapat dikategorikan sebagai bahan alami yang paling baik untuk menangkal betacoronavirus, termasuk SARS-CoV-2 yang merupakan penyebab covid- 19. Lemon  punya kandungan senyawa flavonoid yang kaya seperti hesperetin, tangeretin, naringenin dan nobiletin” paparnya .

Disisi  ekonomi , lemon saat ini  mudah didapatkan di pasar, harga murah dan cara pembuatannya cukup sederhana. Sari Lemon mengandung Vit C, Kalsium, Kalium, dan Asam Sitrat, dengan beragam kandungan zat tidak mengherankan jika lemon memiliki banyak manfaat untuk kulit.

unisma c

“Sabun cair yang kita buat ini dapat membersihkan kulit, melindungi kulit dari kuman, merevitalisasi kulit, dan memberikan sensasi segar di setiap penggunaanya. bisa digunakan untuk semua jenis kulit dan membuat kulit tangan terasa lebih lembut. Hanya menggunakan air, sabun castille, dan lemon kita bisa memproduksi sabun tangan cair yang hemat untuk keluarga,” jelasnya

Selanjutnya dalam kegiatan ini ditargetkan mampu membangkitkan minat Wirausaha dan menumbuhkan kreatifitas untuk menciptakan produk sabun cuci tangan cair berbahan lemon, dengan bisa membuat sabun cuci tangan sendiri dirumah masing-masing dan mampu menjual hasil sabun yang sudah dibuatnya.

Kegiatan yang diinisiasi Unisma Malang ini cukup sukses. Hal itu tampak dari antusias dan semangatnya ibu-ibu dalam mengikuti serangkaian kegiatan yang dilaksanakan. Kegiatan diakhiri dengan pembagian hasil pembuatan sabun cuci tangan kepada seluruh peserta ibu-ibu PKK Bunulrejo. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES