Peristiwa Nasional

Presiden RI Jokowi: Industri Kaca Terbesar di Asia Tenggara Akan Berdiri di Indonesia

Rabu, 21 April 2021 - 20:12 | 26.12k
Presiden RI Jokowi saat melakukan peletakan batu pertama di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah. (FOTO: Setkab RI)
Presiden RI Jokowi saat melakukan peletakan batu pertama di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah. (FOTO: Setkab RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) menyampaikan, industri kaca terbesar di Asia Tenggara, tak lama lagi akan berdiri di Indonesia.

"Lokasinya di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah yang hari ini saya tinjau. Peletakan batu pertamanya berlangsung bulan depan," kata Presiden Jokowi, Rabu (21/4/2021).

Ia mengaku, sejumlah perusahaan multinasional telah berkomitmen untuk berinvestasi di kawasan tersebut. Antara lain perusahaan baterai asal Korea Selatan LG Chem, produsen kaca asal Korea Selatan KCC Glass Corporation, produsen pipa plastik asal Belanda Wavin, dan perusahaan keramik asal India Abroad Vitrified.

Saat ini lanjut Kepala Negara itu, pemerintah menyiapkan kurang lebih 4.300 hektare lahan bagi pengembangan KIT Batang ini. Pada fase pertama, 450 hektare disiapkan untuk membangun tiga zona.

Yakni manufaktur dan logistik, inovasi dan ekonomi kreatif, serta industri ringan dan menengah. Dan kini, pekerjaan pematangan lahan untuk ketiga zona telah hampir selesai.

Pemerintah juga tengah membangun infrastruktur pendukung dan akses jalan di dalam, dari, dan menuju kawasan industri tersebut.

KIT Batang dikembangkan untuk menjadi salah satu tumpuan pengembangan industri di Indonesia, juga memberi kesempatan kerja yang seluas-luasnya bagi setidaknya 250.000 tenaga kerja setempat.

"Kawasan ini juga diharapkan dapat mendatangkan investasi sebesar Rp41,8 triliun di fase pertama sekaligus menjadi program prioritas untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional," ujar Presiden RI Jokowi soal industri kaca terbesar yang akan dibangun di Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES