Glutera News

5 Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur Bagi Kesehatan

Rabu, 21 April 2021 - 13:11 | 81.10k
FOTO: Glutera
FOTO: Glutera

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selama puasa Ramadan, sebagian orang mengalami siklus tidur yang terganggu. Pasalnya, kita harus bangun lebih awal untuk makan sahur.
Nah, terkadang akibat rasa kantuk yang luar biasa ini membuat kita ingin segera melanjutkan tidur setelah makan sahur. Namun, tahukah kamu kalau kebiasaan ini bisa berdampak pada kesehatan?

Kebiasaan tidur setelah sahur harus diwaspadai karena berdampak buruk bagi tubuh terutama untuk sistem organ yang bertugas mencerna makanan. Selain itu, ada banyak masalah serius lainnya jika kita tidak memberikan jeda waktu cerna dan langsung beranjak tidur. 

Langsung tidur setelah sahur dapat mengganggu pencernaan karena tubuh akan bekerja lebih ekstra untuk mencerna makanan. Bahkan hanya berbaring saja tanpa benar-benar tidur dapat memicu masalah seperti refluks asam.

Karenanya, tegak adalah posisi tubuh yang lebih paling baik untuk mencerna makanan serta memungkinkannya menyerap makanan dengan mudah. Meski tak bisa disangkal bahwa berbaring setelah makan memang terasa nyaman.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Bisa Kembali Tidur?

Mengutip LiveScience, apabila makanan yang dikonsumsi saat sahur kaya karbohidrat, protein, dan sayuran, maka dibutuhkan sekitar tiga jam untuk makanan turun sempurna dari lambung.

Jika langsung tidur kurang dari waktu cerna yang direkomendasikan, akan berdampak mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi tubuh.

Oleh sebab itu, usahakan untuk tetap aktif setidaknya 3 jam setelah makan sahur. Anda bisa melakukan ibadah subuh, seperti shalat dan mengaji. Kemudian bisa dilanjutkan dengan membersihkan dapur atau kegiatan lainnya yang bermanfaat. Sebagai kompensasi kurang tidur, Anda bisa 'mencuri' tidur siang sebentar atau menundanya sampai sore.

Berikut 5 Dampak Lebih Lanjut yang Akan Anda Alami Jika Tidur Setelah Makan Sahur

1. GERD

Salah satu risiko langsung tidur setelah makan sahur adalah terkena Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). GERD merupakan penyakit pencernaan yang disebabkan oleh asam lambung naik ke kerongkongan.
Ketika kamu tidur, asam lambung akan mudah naik ke kerongkongan. Pasalnya, posisi tidur dapat membuat katup lambung dan kerongkongan tidak menutup sepenuhnya.

Selain karena langsung tidur sehabis makan, sejumlah faktor yang meningkatkan risiko GERD di antaranya adalah berat badan berlebih, mengonsumsi makanan dengan jumlah besar dan makanan pemicu naiknya asam lambung, seperti makanan pedas dan berlemak, susu, kopi, dan cokelat.

2. Sakit tenggorokan

Setelah GERD, efek yang bisa ditimbulkan akibat langsung tidur sesudah makan sahur adalah sakit tenggorokan. Mengapa begitu?
Rasa sakit di tenggorokan ini muncul karena naiknya asam lambung ke kerongkongan. Apabila kondisi ini terus dibiarkan akan dapat menimbulkan peradangan.

3. Sembelit

Idealnya butuh waktu 2-3 jam untuk tubuh dapat mencerna makanan di dalam perut. Namun, kebiasaan langsung tidur setelah makan justru dapat menghambat proses pencernaan di dalam perut. Apabila terus dibiarkan, kebiasaan ini bisa memicu sembelit atau kesulitan buang air besar.

Selain itu, penting bagi kamu untuk memilih makanan yang tepat saat sahur. Hindari makanan yang terlalu berlemak, mengandung gula, dan kafein. Pasalnya, sejumlah makanan ini dapat meningkatkan risiko sembelit karena sulit dicerna.

4. Berat badan naik

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa justru banyak orang yang menjadi gemuk saat puasa Ramadhan? Ternyata salah satu penyebabnya adalah kebiasaan langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini dapat terjadi karena kalori yang masuk ke dalam tubuh justru lebih banyak, dibandingkan dengan yang dibakar. Kurangnya aktivitas fisik saat berpuasa dan langsung tidur usai makan membuat tubuh menimbun lemak, sehingga kalori di dalam tubuh tidak terbakar dengan baik dan berat badan menjadi naik.

5. Serangan jantung

Kebiasaan langsung tidur setelah makan ternyata punya dampak yang sama buruknya dengan meluapkan emosi yang meledak-ledak, mengutip ScienceDaily. Menurut penelitian, orang yang makan berat dan langsung tidur kurang dari dua jam saja 2,8 kali lebih mungkin mengalami peningkatan tekanan darah sepanjang malam.

Apabila tekanan darah tidak kunjung turun dan terus-menerus terjadi dalam waktu yang lama, akan meningkatkan risiko terserang penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner, serangan jantung, stroke, dan penyakit kronis lainnya.

Itulah bahaya langsung tidur setelah makan sahur bagi kesehatan tubuh. Memang terkadang sulit menahan kantuk ketika perut sudah kenyang usai sahur. Namun, tidak ada salahnya menahan sedikit waktu tidur demi kesehatan jangka panjang. Anda juga tidak disarankan untuk tidak makan sahur sama sekali selama berpuasa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES