Peristiwa Daerah

Manfaatkan Waktu saat Ramadan, WBP Lapas Bondowoso Bikin Seni Kaligrafi

Selasa, 20 April 2021 - 17:28 | 24.05k
Warga binaan Lapas Klas II B Bondowoso saat mengerjakan seni kaligrafi untuk dijadikan hisan dinding masjid (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Warga binaan Lapas Klas II B Bondowoso saat mengerjakan seni kaligrafi untuk dijadikan hisan dinding masjid (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Berbagai hal positif bisa dilakukan untuk mengisi siang hari di Bulan Ramadan. Seperti dilakukan sejumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaha Pemasyarakatan Klas II B Kabupaten Bondowoso (Lapas Bondowoso) yang membuat seni kaligrafi.

Media lukis menggunakan triplek. Tampak mereka dengan lihai melukis lekukan demi lekukan ayat-ayat suci Al-Qur'an, menggunakan kuas dan cat air.

Salah seorang WBP, S mengatakan, dia sebenarnya sudah membuat seni kaligrafi sebelum Ramadan. Sementara di bulan suci ini dia niatkan untuk mengisi waktu sembari menunggu waktu Maghrib tiba.

Menurutnya, satu triplek panjangnya kurang lebih dua meter. Dalam pengerjaan dia dibantu dua temannya, dan tetap dipantau oleh petugas lapas.

Mereka mengerjakan kesenian itu  dari pukul 09.00 WIB pagi 11.30 WIB, kemudian istirahat siang. Lalu dilanjutkan lagi Pukul 13.00 WIB sampai 16.00 WIB jelang buka puasa.

"Sudah dua minggu lebih kami mengerjakan kaligrafi ini. Ini masih ada banyak lembaran papan triplek yang masih belum dikerjakan," paparnya.

Kepala Lapas Bondowoso, Sarwito mengatakan, hasil seni kaligrafi tersebut, akan dijadikan sebagai hiasan dinding di dalam Masjid Lapas. "Agar ornamennya lebih indah apabila ditambah kaligrafi ayat-ayat suci,” imbuhnya. 

Menurutnya, pengerjaan kaligrafi sudah dimulai sejak akhir Bulan Maret lalu. Tak mudah menyelesaikan seni dengan tulisan Arab tersebut, karena butuh ketelitian yang tepat dalam menulis serta mewarnai.

Para WBP kata dia, harus berhati-hati menggoreskan tinta cat pada papan triplek itu. Dominan warna hitam kombinasi putih dengan tambahan cat emas pada tulisan ayatnya.  "Pembuatan kaligrafi untuk Masjid Lapas ini juga untuk aktivitas WBP selama bulan Ramadan," paparnya.

Pengerjaan seni kaligrafi oleh WBP Lapas Bondowoso selama Ramadan ini ditarget selesai sebelum Idul Fitri, dan dikerjakan oleh WBP S dengan dibantu dua temannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES