Hukum dan Kriminal

Satlantas Polres Bondowoso Amankan Puluhan Motor yang Terlibat Balap Liar

Selasa, 20 April 2021 - 14:19 | 47.73k
Satlantas Polres Bondowoso saat menyita puluhan kendaraan roda dua, diantaranya yang terlibat balap liar di dua desa (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Satlantas Polres Bondowoso saat menyita puluhan kendaraan roda dua, diantaranya yang terlibat balap liar di dua desa (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Satlantas Polres Bondowoso mengamankan sebanyak 21 kendaraan roda dua, 10 motor diantaranya yang terlibat dalam balap liar menjelang buka puasa Ramadan 1442 Hijriah.

Sementara balap liar itu berlokasi di Desa Besuk, Kecamatan Klabang dan Desa Sumbersari, Kecamatan Maesan.

Seperti dalam video yang beredar, balap liar di Maesan memakan dua korban yang terjatuh akibat bersenggolan.

Satlantas Polres Bondowoso 3

Selain penindakan 10 motor yang terlibat balap liar, polisi juga menyita kendaraan yang tak sesuai spesifikasi teknis dan menggunakan knalpot brong. 

"Ada juga 10 knalpot brong hasil penindakan di seputaran kawasan kota," jelas Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz, Selasa (20/4/2021). 

Adapun terhadap para pemilik kendaraan tersebut, selain mengamankan kendaraannya, Satlantas juga melakukan penindakan berupa tilang. 

"Kita akan tahan kendaraan bermotor tersebut sambil lalu masyarakat yang terjaring tilang, wajib untuk melengkapi surat-surat kendaraan itu," bebernya. 

Sementara terkait adanya video viral laka lantas saat balap liar di jalan jurusan Maesan-Tamanan areal persawahan Desa Sumbersari, Kecamatan Maesan, pada Jumat (16/4/2021) kemarin, Kapolres Erick mengaku personelnya langsung sigap melakukan pendalaman terhadap video tersebut. 

Pihaknya bahkan telah mengantongi nama-nama yang terlibat dalam laka lantas akibat balap liar itu. 

Kedua orang pengemudi balap liar merupakan pelajar berinisial MD (18) warga Desa Suko, Kabupaten Jember. Seorang lagi adalah warga Desa Sumbersari, Kacamatan Maesan berinisial R (17). 

"MD mengalami luka cidera di kepalanya dan R mengalami luka di wajah serta kaki. Yang MD sekarang di RSUD Koesnadi. Kalau R sudah diperbolehkan pulang setelah dibawa ke Puskesmas Maesan," ungkapnya. 

Dikonfirmasi terpisah, Kasatlantas Polres Bondowoso, AKP Didik Sugiarto mengatakan, insiden balap liar juga mengakibatkan bangunan milik Misnari, warga Desa Sumbersari mengalami ambruk bagian depan serta tembok berlubang. 

Personel Satlantas Bondowoso kini sedang mengumpulkan informasi terkait dugaan adanya kendaraan lain yang terlibat dalam laka lantas tersebut. 

Menurut Didik, pihaknya sendiri telah mengamankan barang bukti laka lantas tersebut, diantaranya sepeda motor Honda GL modifikasi tanpa plat nomor milik R yang terlibat balap liar. "Kita sudah lakukan klarifikasi, pengumpulan bukti, hingga mencari saksi-saksi di lapangan," ucap Kepala Satlantas Polres Bondowoso itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES