Kuliner TIMES Ramadan

Jadi Favorit Menu Buka Puasa, Ini Manfaat Cincau untuk Kesehatan 

Selasa, 20 April 2021 - 14:00 | 53.85k
Cincau hitam. (Sumber: Constant Contact)
Cincau hitam. (Sumber: Constant Contact)
FOKUS

TIMES Ramadan

TIMESINDONESIA, JAKARTACincau salah satu bahan makanan yang paling digeari untuk buka puasa. Cincau dapat diolah menjadi berbagai minuman segar. Mulai dari es cincau, hingga campuran es teler. 

Cincau sendiri terbuat dari daun cincau yang diproses hingga berbentuk menyerupai agar-agar. Terdapat dua jenis cincau, yaitu cincau hitan dan cincau hijau. 

Keduanya punya manfaat yang baik untuk kesehatan. Ekstrak Hsia-tsao pada cincau mengandung senyawa bioaktif yang memiliki sifat antioksidan, antibakteri, antimutagenik, hepatoprotesif, antihipertensi, antidiabetes, imunomodulator, dan pencegah kanker.

Selain itu cincau juga mampu menurunkan panas dalam sekaligus menenangkan lambung. Jadi tak salah ya jika cincau dijadikan menu takjil saat buka puasa. 

Cincau juga dapat memperbaiki sistem pencernaan, baik diare maupun sembelit. Senyawa alkaloid pada cincau mengandung vitamin B dan C dalam jumlah yang cukup banyak. Saat dikonsumsi, kombinasi kedua vitamin tersebut sangat efektif dalam mencegah diare.

Apalagi kandungan serat pada cincau hitam membantu membersihkan saluran pencernaan, sehingga meredakan sakit perut akibat mulas dan sembelit.

Untuk Anda yang tengah berdiet, cincau juga sangat disarankan untuk dikonsumsi. Sebab banyak nutrisi yang bermanfaat, diantaranya vitamin A, B1, C dan kalsium, fosfor, karbohidrat tetapi rendah kalori.

Hebatnya lagi cincau dapat mengobati gejala demam dan sakit tenggorokan. Karena cincau mengandung nutrisi seperti alkaloid, flavonoid, saponin, tendradine, dan kardioplegikum serta vitamin A dan B. Nah senyawa anti-toksin ini lebih dari mampu mengobati gejala demam.

Gimana, manatp banget kan manfaat Cincau. Jadi gak usah ragu lagi ya mengkonsumsi cincau saat buka puasa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES