Olahraga

Terkait Keamanan PON XX Papua, Polri: Pasukan Sudah Diterjunkan Sejak Dua Bulan Lalu

Selasa, 20 April 2021 - 11:28 | 34.75k
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono saat memberikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/POLRI)
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono saat memberikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/POLRI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono menyampaikan bahwa, agenda kegiatan PON XX Papua pada Oktober 2021 tetap berjalan sesuai rencana.

Menurut BJP Rusdi, tidak ada kendala sedikitpun dari segi keamanan dalam agenda kegiatan olahraga nasional di Papua. Dia mengatakan, sejak dua bulan terakhir ratusan personel diterjunkan ke Papua untuk memastikan kondisi di sana betul-betul aman.

Oleh karena itu, dia meminta kepada semua pihak tidak takut dan merasa khawatir. TNI-POLRI akan memberikan pengamanan yang sangat ketat dan tidak akan ada kecolongan.

"PON tetap berjalan, itu sudah rencana segala macam itu tetap berjalan. Ratusan personel gabungan TNI-POLRI sudah diterjunkan jauh-jauh hari ke sana," ujar BJP Rusdi di Jakarta, Selasa (20/4/2021).

Rusdi mengakui situasi akhir-akhir ini di Papua terjadi gangguan yang disebabkan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), namun semua ditangani oleh Polda Papua bersama-sama Satgas Operasi Nemangkawi hasil bentukan dari POLRI.

"Semua kan sudah ditangani oleh Polda Papua di sana, ada Satgas Nemangkawi, ada TNI juga bersama-sama bagaimana Papua itu bisa kondusif," imbuhnya.

Sebagai Informasi, penyelenggaraan PON XX Papua direncanakan berlangsung 2 sampai 15 Oktober 2021. Pesta olahraga empat tahunan ini sedianya berlangsung 2020, namun diundur hingga 2021 karena adanya pandemi COVID-19.

Sementara, selama dua pekan terakhir, ketenangan Papua dalam mempersiapkan diri sebagai tuan rumah PON XX Papua terusik dengan aksi kekerasan, pembunuhan dan pembakaran sarana pendidikan hingga rumah warga dilakukan oleh KKB di pedalaman Papua seperti di Beoga dan Ilaga, Kabupaten Puncak, Intan Jaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES