Kuliner

5 Kolak yang Paling Digemari di Majalengka, Jangan Ngiler

Minggu, 18 April 2021 - 12:34 | 52.02k
Ilustrasi kolak. (Foto: tokopedia.com)
Ilustrasi kolak. (Foto: tokopedia.com)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Bulan Ramadan sering identik dengan makanan kolak. Menu takjil atau pembuka puasa yang berkuah santan dan gula merah ini memang sangat digemari masyarakat Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Karena selain manis dan gurih, kolak dipercaya bisa memberikan tenaga baru setelah seharian tidak menyantap makanan dan minuman. Berikut adalah jenis-jenis kolak yang paling digemari masyarakat Majalengka.

1. Kolak Umbi umbian

Selain direbus dan digoreng, umbi-umbian bisa juga dibuat kolak untuk berbuka puasa. Jenis kolak umbi-umbian pun bermacam-macam. Mulai dari kolak ubi jalar, kolak singkong, kolak ubi ungu dan kolak ubi lainnya.

2. Kolak Pisang

Kolak pisang juga kolek yang paling digemari masyarakat Kabupaten Majalengka, karena sudah populer. Bahan dasarnya pun mudah didapat di semua tempat.

3. Kolak Pacar

Kolak pacar ini berbentuk kotak-kotak sebesar dadu dan berwarna-warni ini banyak digemari. Sebab teksturnya yang lembut dan kenyal. Pacar Cina pun bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan lain agar lebih variatif.

4. Kolak Kolang kaling

Buah kolang-kaling berbentuk bulat lonjong warna putih bening dan kenyal, serta memiliki kandungan air yang cukup banyak. Ini sangat digemari oleh masyarakat Majalengka. Sebab sangat nikmat.

5. Kolak Candil

Kolak candil adalah kolak yang terbuat dari tepung ketan, dibentuk bulat-bulat kecil serta dimasak bersama santan dan air gula. Rasanya yang manis dan legit menjadi sensasi tersendiri saat pilihan kolak-kolak lain sudah terasa membosankan.

Sebenarnya, masih banyak lagi kolak-kolak khas dari Majalengka yang patut dijadikan pilihan untuk santapan berbuka puasa pada Ramadan tahun ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES