Ekonomi

Gula Kelapa Buatan Gula Cahaya Gemilang Laris Manis Saat Pandemi di Bulan Ramadan

Minggu, 18 April 2021 - 08:18 | 85.39k
Gula kelapa yang sedang dijemur di pabrik Gula Cahaya Gemilang Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (foto: Natasya/TIMES Indonesia)
Gula kelapa yang sedang dijemur di pabrik Gula Cahaya Gemilang Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (foto: Natasya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIAMISGula kelapa produksi pabrik Gula Cahaya Gemilang jadi semakin laris. Penjualnnnya meningkat dua kali lipat saat bulan Ramadan ini.

Pabrik gula kelapa yang telah berdiri sejak tahun 2013 di Kabupaten Ciamis ini omsetnya mulai merosot sejak pandemi Covid-19. 

gula kelapa b

"Namun, bulan Ramadan yang penuh berkah ini bisa menolong penghasilan dari pembuatan gula kelapa ini. Bahkan, naik dua kali lipat saat Ramadan ini. Soalnya, kebanyakan konsumen membutuhkan gula kelapa sebagai bahan baku membuat kolak atau kue untuk makanan khas puasa," jelas Muslimin selaku pemilik pabrik Gula Cahaya Gemilang, Sabtu (17/4/2021).

Tentunya, gula kelapa yang manis ini harganya juga tidak membuat kantong kempes. "Murah, harganya cuma Rp10 ribu per kilogram," tambahnya.

"Alhamdulillah, setiap bulan Ramadan, jumlah pesanan tidak pernah berkurang. Namun, saya tetap berdoa agar pandemi ini cepat berlalu agar penjualan laris gula kelapa ini tidak mengandalkan bulan Ramadan saja," ungkapnya.

Ia lalu menjelaskan proses pembuatan gula kelapanya yang berkualitas. "Pertama, kami meracik gula kelapa dari sari pohon kelapa. Kemudian, kami mencetaknya dalam tatakan congklak," imbuh pembuat gula kelapa di Ciamis tersebut.

Pihaknya menggunakan tatakan yang biasa orang-orang bermain congklak karena ukurannya pas dan lebih kecil. Sehingga, mudah saat memasangnya dan mencopotnya.

"Terakhir, supaya kualitasnya bagus, kami jemur gula kelapanya sampai kering," terangnya.

Pihaknya juga menjelaskan, ada 30 karyawan di pabriknya saat ini. Namun, Ia berharap bisa menambah karyawan lagi. "Semoga pandemi ini tidak terus-menerus, sehingga kami bisa mempekerjakan karyawan yang lain lagi dan bisa mengurangi angka pengangguran di Ciamis," tuturnya.

gula kelapa cPabrik Gula Cahaya Gemilang di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (foto: Natasya/TIMES Indonesia)

Konsumen Produk pabrik Gula Cahaya Gemilang ini ini sudah menjangkau luar daerah seperti Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, Garut dan wilayah Priangan Timur lainnya. Bagi kalian yang ingin memasak makanan khas di bulan Ramadan dengan gula kelapa otentik dari Ciamis ini, kalian bisa langsung pesan di pabriknya yaitu, di Dusun Kalapagadak, Desa Kalapasawit, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES