Peristiwa Daerah

Selesai Verifikasi, Pertamina Segera Realisasikan Ganti Rugi Warga Terdampak di Balongan Indramayu

Sabtu, 17 April 2021 - 23:05 | 34.89k
Tim gabungan bentukan Pemda Indramayu melakukan verifikasi guna penggantian kerugian warga terdampak ledakan kilang Pertamina RU VI Balongan. (Foto: Pertamina RU VI for TIMES Indonesai)
Tim gabungan bentukan Pemda Indramayu melakukan verifikasi guna penggantian kerugian warga terdampak ledakan kilang Pertamina RU VI Balongan. (Foto: Pertamina RU VI for TIMES Indonesai)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYUPertamina terus melakukan upaya untuk memenuhi tanggung jawab penggantian kerugian warga terdampak ledakan kilang Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Saat ini proses verifikasi kerusakan rumah warga telah selesai dilaksanakan. 

Total sebanyak 3.074 unit rumah telah dilakukan pencatatan dan pengukuran kerusakan oleh tim gabungan bentukan Pemda Indramayu.

Tak hanya rumah warga, penggantian juga meliputi properti, fasilitas umum, fasilitas sosial serta pengobatan warga terdampak.

Pertamina akan melanjutkan proses dengan menentukan besaran penggantian biaya perbaikan kerusakan masing-masing unit rumah dengan mengacu pada besaran dari tim gabungan. 

"Pemkab Indramayu menerjunkan 16 tim gabungan yang dibentuk dari unsur Kecamatan, PUPR dan DPKP 2, TNI, Polri, BPBD, dan Pertamina untuk melakukan verifikasi kerusakan rumah warga," jelas Maman Kostaman, Asisten Daerah II Bidang Ekonomi, Pengembangan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Indramayu. 

Verifikasi-Pertamina-2.jpg

Seperti yang disampaikan sebelumnya, tim internal Pertamina telah melakukan verifikasi kerusakan fasum dan fasos.

"Pertamina telah memberikan uang ganti untuk perbaikan fasum fasos sebanyak 61 unit kepada perwakilan pengelola. Dan saat ini tengah dilakukan perbaikan secara swakelola," jelas Ifki Sukarya, Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical, PT Kilang Pertamina Internasional.

Ifki menambahkan bahwa untuk warga yang terluka, Pertamina dari awal telah berkomitmen untuk memberikan perawatan terbaik hingga sembuh.  

Langkah penanganan juga telah dilakukan terhadap lebih dari 800 pengungsi yang telah dipulangkan kembali ke kediaman masing-masing (7/4/2021) setelah kondisi dinyatakan aman berdasarkan rekomendasi kajian.

Pertamina juga memberikan perhatian penuh selama warga berada di pengungsian dengan pemenuhan kebutuhan dasar dan pengobatan serta konsumsi selama 2 hari pasca kembali ke kediaman masing-masing. Warga juga diberikan trauma healing di pengungsian dan sebelum kembali ke rumah masing-masing dilakukan screening Covid 19.

“Dengan segala ikhtiar yang telah dilakukan, kami mohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar penanganan dampak sosial yang dilakukan dapat berjalan lancar," pungkas Ifki.

Pertamina berharap dukungan percepatan penyelesaian hasil verifikasi dari tim Gabungan verifikasi kerusakan bangunan dan properti yang telah dilakukan pendataan lapangan beberapa waktu lalu, agar Pertamina bisa memulai proses penggantian biaya perbaikan rumah warga yang terdampak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES