Peristiwa Daerah

DPKPCK Kabupaten Malang Usulkan Risha Bagi Korban Gempa Malang

Sabtu, 17 April 2021 - 22:11 | 23.41k
Plt Kepala DPKPCK Kabupaten Malang, Imam Suyono ketika berkoordinasi mengenai penanganan bencana Gempa Malang. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Plt Kepala DPKPCK Kabupaten Malang, Imam Suyono ketika berkoordinasi mengenai penanganan bencana Gempa Malang. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Bantuan berupa pembangunan Rumah Instan Sederhana atau Risha bagi korban Gempa Malang, saat ini tengah diusulkan DPKPCK Kabupaten Malang kepada Kementerian PUPR RI.

Plt Kepala DPKPCK Kabupaten Malang, Imam Suyono mengatakan, hasil verifikasi lapangan yang dilakukan oleh pihaknya di lapangan, terdapat sekitar 1000 rumah rusak berat.

DPKPCK Kabupaten Malang vTNI dan Polri ketika bergotong royong membantu masyarakat korban Gempa. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

"Tetapi, ini tadi informasi dari teman-teman yang kita terjunkan terdapat tambahan kerusakan rumah," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Sabtu (17/4/2021) sore

Lebih lanjut dia mengatakan, ada meski ribuan rumah mengalami kerusakan berat, sudah mengajukan Risha kepada Kementerian PUPR RI. Kendati diakuinya jumlahnya tidak banyak.

"Kalau untuk Risha yang ready stok se Jawa Timur sebanyak 190 unit itupun. Sedangkan untuk Kabupaten Malang, menunggu kebijakan Bapak Menteri PUPR RI," ungkapnya.

Menurutnya, Risha memang bantuan dari Kementerian PUPR RI bagi daerah yang terkena bencana alam. Salah satunya terdampak Gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Malang.

"Kalau untuk nominal satu unitnya belum tahu. Menunggu dari kementerian," katanya. Selain Risha, pihaknya juga tengah mengupayakan Bantuan Perumahan Stimulan Swadaya atau BSPS juga kepada Kementerian PUPR RI.

Dia menyebutkan, bantuan BSPS ini sifatnya stimulan untuk membantu masyarakat terdampak Gempa Malang yang mengalami kerusakan sesuai kategorinya masing-masing.

DPKPCK Kabupaten Malang zKondisi terkini di lokasi Gempa Malang di Desa Jogomulyan Kabupaten Malang. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

"Untuk BSPS yang sudah kami kirimkan sebanyak lima ribu unit, datanya sudah masuk. Nominal BSPS untuk rusak ringan Rp 5 juta, rusak sedang Rp 10 Juta dan rusak berat Rp 15 juta," bebernya gamblang.

Kendati demikian dia menegaskan, DPKCK Kabupaten Malang akan terus berkoordinasi dengan OPD terkait termasuk BPBD untuk kompilasi data terkait korban Gempa Malang yang akan diberikan BSPS maupun Risha. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES