Peristiwa Nasional

Menag RI Resmikan Pembangunan Asrama Haji dan MAN Insan Cendekia Kota Tarakan

Sabtu, 17 April 2021 - 19:54 | 67.81k
Menag Yaqut Cholil Qoumas saat menandatangani prasasti pembangunan Asrama Haji Transit dan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN-IC) di Kota Tarakan. (Foto: Dokumentasi Kemenag)
Menag Yaqut Cholil Qoumas saat menandatangani prasasti pembangunan Asrama Haji Transit dan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN-IC) di Kota Tarakan. (Foto: Dokumentasi Kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTAAsrama Haji Transit dan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN-IC) di Kota Tarakan Kalimantan Utara (Kaltara) resmi dimulai pembangunannya. Hal ini ditandai dengan penandatanganan prasasti pembangunan oleh Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI), Yaqut Cholil Qoumas, pada Sabtu (17/04/2021) di Hotel Lotus Panaya, Kota Tarakan.

Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul., M.Kes., bersama dengan Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama RI Provinsi Kaltara.

menag ri b

Asrama haji transit yang dimulai pembangunannya ini direncanakan berdiri tiga lantai di atas lahan seluas 1,5 hektar yang merupakan hibah dari Pemerintah Kota Tarakan yang berlokasi di Belakang Masjid Baitul Izzah Islamic Center Kampung Empat.

Nantinya, asrama ini secara bertahap  direncanakan mampu memiliki daya tampung untuk 500 calon jemaah haji yang akan diberangkatkan dari wilayah Kalimantan Utara, sehingga tidak diperlukan lagi untuk singgah di Balikpapan untuk kepentingan transit haji.

Sementara itu, pembangunan MAN-IC di Kaltara sendiri merupakan MAN-IC ke-25 dari 34 Provinsi di Indonesia yang berlokasi di Kecamatan Tarakan Utara. Madrasah ini digadang-gadang akan menjadi madrasah berasrama unggulan di Kaltara.

Sama halnya dengan Asrama Haji Transit, Pemerintah Kota Tarakan menyiapkan lahan untuk pembangunan sekolah unggulan ini dengan harapan untuk mendukung pembentukan manusia yang unggul dan berdaya saing demi terwujudnya Tarakan maju dan sejahtera melalui smart city. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES