Politik

BLT DD Disalurkan Saat Ramadan, Penerima Manfaat di Gresik Bersyukur

Sabtu, 17 April 2021 - 19:31 | 36.05k
Salah satu penerima manfaat BLT DD di Desa Guranganyar Kecamatan Cerme usai mendapatkan bantuan. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Salah satu penerima manfaat BLT DD di Desa Guranganyar Kecamatan Cerme usai mendapatkan bantuan. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Kabupaten Gresik terus disalurkan meski bersamaan dengan bulan suci ramadan. Penerima manfaat merasa bersyukur karena bisa mendapatkan dana setiap bulan.

Salah satu penerima manfaat adalah Ponidin. Kakek berusia 74 tahun ini akhirnya bisa mendapatkan bantuan tunai untuk tambahan biaya hidup sehari-hari.

Mengenakan pakaian batik dan songkok hitam, Ponidin yang sudah berusia lanjut ini dibantu anak lelakinya turun dari atas sepeda motor duduk di kursi balai desa.

Sembari menunggu namanya dipanggil, Ponidin dibantu anaknya untuk mendengar jika namanya dipanggil lalu mengambil bantuan uang tunai sebesar Rp 300 ribu. 

“Seneng, karena sudah tidak bisa bekerja. Uangnya buat belanja bulan puasa,” ucapnya, Sabtu (17/4/2021).

Kepala Desa Gurang Anyar, Andy Taufiq pembagian BLT DD dibagikan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Penerima harus menggunakan masker, kursi untuk KPM diatur dengan menjaga jarak.

“Hari ini sekitar 80 orang dengan nilai Rp 300 ribu. Ini serentak sesuai dengan juklak biar cepat dibagikan sebelum lebaran sehingga bisa dirasakan masyarakat yang membutuhkan,” kata dia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Malahatur Fardah mengungkapkan bantuan ini berasal dari dana desa yang langsung diberikan dari pemerintah pusat.

Di Gresik, BLT DD dibagikan secara simbolid di Desa Tlogobendung pada Selasa (30/3/2021) lalu. Bantuan itu diberikan secara langsung oleh Bupati Fandi Akhmad Yani (Gus Yani).

"Pekan depan targetnya sudah selesai semua," terangnya.

Hingga hari ini BLT yang sudah masuk dalam Rekening Kas Desa (RKD) ada 329 desa. Bantuan sebesar Rp 300 ribu itu sudah diterima oleh 24.251 KPM.

"Dengan jumlah total nilai sebesar Rp 7.275.300.000 atau sekitar Rp 7 miliar," ucap Fardah menanggapi penyaluran BLT DD di Gresik disalurkan saat ramadan, penerima manfaat merasa bersyukur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES