Peristiwa Daerah

Berpotensi Terjadi Bencana, Wali Kota Gorontalo Terbitkan SE

Sabtu, 17 April 2021 - 18:27 | 23.92k
Foto A : Wali Kota Gorontalo, Marten Taha (Foto: Sarjan Lahay/Times Indonesia)
Foto A : Wali Kota Gorontalo, Marten Taha (Foto: Sarjan Lahay/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, GORONTALOWali Kota Gorontalo, Marten Taha menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang kesiapan menghadapi potensi bencana akibat bibit Siklon Tropis 94W/Siklon Tropis Surigae di Wilayah Kota Gorontalo.

Surat Edaran itu untuk menyikapi terbentuk bibit Siklon Tropis 94W yang sudah berubah menjadi Siklon Tri Surigae di Samudra Pasifik sebelah Utara Papua yang secara langsung memberikan dampak terhadap kondisi cuaca di wilayah Gorontalo.

Kondisi cuaca tersebut berupa terjadinya cuaca ekstrim seperti hujan lebat, angin kencang disertai kilat dan petir yang bisa memicu bencana  banjir, longsor, pohon tumbang, dan lain-lain.

Surat-Edaran.jpgSurat Edaran Wali Kota Gorontalo (Foto: Humas Pemkot Gorontalo

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Marten Taha meminta kepada seluruh masyarakat Kota Gorontalo untuk selalu waspada dan siaga, terhadap potensi bencana yang dapat terjadi melalui Surat Edaran tersebut. Isi surat tersebut sebagai berikut.

1. Seluruh masyarakat di Wilhelm Kota Gorontalo agar selalu berhati-hati dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari diluar rumah, karena berpotensi terjadinya cuaca ekstrim akibat siklon tropis.

 

2. Jika terjadi cuaca ekstrim berupa hujan lebat dan angin kencang, masyarakat yang beraktivitas diluar rumah kiranya segera mencari tempat berteduh dan berlindung yang aman untuk menghindari terjadinya kejadian pohon tumbang dan lain-lain.

3. Seluruh masyarakat di wilayah Kota Gorontalo kiranya dapat memeriksa kembali kondisi bangunan dan rumah yang ditempati agar tetap aman jika terjadi cuaca ekstrim berupa angin kencang dan hujan lebat.

4. Seluruh masyarakat kota Gorontalo yang berada di daerah rawan longsor terutama yang berada di sekitar penggunaan/perbukitan kecamatan Dumbo Raya, Hulontalangi, dan kota Barat agar selalu waspada dan siaga terhadap potensi terjadinya bencana tanah longsor.

5. Seluruh masyarakat kota Gorontalo yang berada di daerah rawan banjir terutama yang berada di wilayah bantaran sungai bone dan Bolango, agar selalu waspada dan siaga terhadap potensi terjadinya bencana banjir.

6. Bila terjadi kejadian dan bencana agar dapat menghubungi nomor telepon darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran Kota Gorontalo 0435-822602 atau 082259934143.

Itulah enam poin pada Surat Edaran (SE) yanh dikeluarkan Wali Kota Gorontalo tentang kesiapan menghadapi potensi bencana akibat bibit Siklon Tropis 94W/Siklon Tropis Surigae di Wilayah Kota Gorontalo. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES