Peristiwa Daerah

Penyapu Makam, Kunci Pencapaian Target Retribusi TPU Cinehel Tasikmalaya

Sabtu, 17 April 2021 - 17:28 | 79.71k
Bi Nani seorang penyapu makam TPU Cinehel, warga Kertasari, Cinehel Kelurahan Panyingkiran, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya menunggu penziarah yang membutuhkan jasa membersihkan makam (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)
Bi Nani seorang penyapu makam TPU Cinehel, warga Kertasari, Cinehel Kelurahan Panyingkiran, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya menunggu penziarah yang membutuhkan jasa membersihkan makam (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Jumlah petugas pengelola makam yang sangat terbatas, tidak menjadi kendala pencapaian target retribusi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cinehel, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.  Satu kunci keberhasilannya adalah peran para penyapu makam di TPU Cinehel.

Seorang petugas TPU Cinehel Taryono (56) mengungkapkan TPU Cinehel ini dikelola 4 petugas ASN dan 2 orang tenaga kontrak. Dalam operasionalnya TPU ini pada tahun 2020 lalu dibebankan target sebesar Rp145.212.500.

"Alhamdulilah target retribusi makam di TPU Cinehel tahun 2020 tercapai bahkan lebih, berkat bantuan para penyapu makam yang selalu mengingatkan dan mengarahkan pembayaran retribusi ke kantor TPU," ungkapnya kepada TIMES Indonesia, Sabtu (17/4/21)

Pria berkumis itu menuturkan, puluhan penyapu makam di TPU  merupakan satu kunci keberhasilan pencapaian target retribusi, pihaknya sengaja tidak mempermasalahkan keberadaan para penyapu makam dengan catatan mereka dapat berlaku sopan dan tidak mengganggu pengunjung yang datang ke TPU Cinehel.

"Capaian target retribusi makam, Alhamdulilah tercapai, bahkan lebih, kami bangga bisa bantu PAD Kota Tasikmalaya sekitar Rp23.312.500 dari target Rp145.212.500 tercapai  Rp168.523.000," jelasnya

Di bulan Ramadan, peran penyapu makam sangatlah penting bagi pencapaian target retribusi makam. Di saat bulan ramadan banyak sekali masyarakat yang berkunjung untuk berziarah ke makam keluarganya.

Di saat itulah para penyapu makan dengan tanpa pamrih memberikan pesan mengingatkan retribusi makam, dan mengarahkan pembayaran retribusi tersebut ke kantor pengelola TPU Cinehel.

TPU Cinehel  berlokasi di Kampung Cinehel, Kelurahan Kahuripan Kota Tasikmalaya, Jawa Barat memiliki lahan seluas enam hektare. Luas lahan tersebut ditempati 10.500 makam dengan rata-rata 15 orang per bulan jenazah dikebumikan di TPU Cinehel. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES