Kesehatan

Hati-hati, Usus Bocor Bisa Disebabkan Gaya Hidup Seperti Ini

Sabtu, 17 April 2021 - 11:37 | 149.27k
Ilustrasi - Gejala terjadinya usus bocor. (FOTO: Creative commons via Freepik)
Ilustrasi - Gejala terjadinya usus bocor. (FOTO: Creative commons via Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Leaky Gut Syndrome adalah awal mula terjadinya usus bocor. Terdapat peningkatan permeabilitas dinding mukosa usus akibat makanan tertentu, obat-obatan, gaya hidup yang kurang sehat.

Selain itu, stres kronis juga mengakibatkan penyakit yang diakibatkan bakteria jahat dari makanan bocor dan masuk ke dalam aliran darah, menimbulkan masalah kesehatan.

Gejala-terjadinya-usus-bocor-2.jpg

"Usus yang sehat bekerjas eperti kain tipis (kain penyaring), hanya memungkinkan nutrisi masuk, tetapi tetap menjaga partikel makanan yang lebih besar, bakteri patogen, ragi, dan parasit, beberapa keluar," ujar dr Fanny Imannuddin pakar Body Aesthetic dan pegiat Healthy Lifestyle.

Dalam usus yang bocor (Leaky Gut), lanjut dr Fanny, ada bagian usus yang longgar, sehingga partikel makanan dan patogenik yang tidak tercerna dapat masuk dan mengaktifkan sistem kekebalan, menyebabkan peradangan dan sensitif terhadap makanan.

Gejala-gejalanya antara lain:

  • GERD, Bloated, konstipasi atau mudah diare, flatulence, perut mulas, Short Bowel Syndrome
  • Overweight (Kelebihan berat badan)
  • Diabetes
  • Hormonal imbalance: infertile, perimenopausal symptoms, PMS
  • Immunecompromised: mudah flu, nyeri sendi, fibrimyalgia, chronic fatigue
  • Masalah kulit: jerawat, rosacea, fungal infection
  • Saraf dan otak: insomnia, anxiety, depression, ADHD, autism, alzheimer, brainfog

"Lantas apa penyebab seseorang terjangkit Leaky Gut Syndrome? Jawabannya adalah karena adanya hipersensitivitas makanan yang mengandung gluten," ungkap dr Fanny.

Makanan gluten mengandung peptides gliadin dan glutenin yang dianggap berbahaya bagi tubuh, sehingga sel mukosa usus memproduksi zunolin yang mengakibatkan inflamasi dan memaksa lapisan usus, menjadi berjarak atau longgar.

Gejala-terjadinya-usus-bocor-3.jpg

Gluten akan mencetuskan Leaky Gut Syndrome hanya dalam 5 jam setelah konsumsi, dan pada individu yang rentan (autoimmune genetic). Keadaan ini menetap selama 36 jam setelahnya. Pada individu tanpa genetik autoimun, apabila paparan gluten tetap berlangsung, lama kelamaan kerusakan dinding usus juga bisa terjadi.

Guna mencegah terjadinya kondisi usus bocor adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat serta menghindari konsumsi gluten adalah jalan terbaik yang bisa ditempuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES