Ekonomi Indonesia Bangkit

Manisnya Coklat Tempe, Kue Kering Kekinian dari Dapur Enno Ngawi

Sabtu, 17 April 2021 - 09:54 | 120.47k
Coklat Tempe, rasanya manis, gurih dan renyah dengan kemasan elegan adalah kue kering kekinian buatan Dapur Enno Ngawi. (FOTO: Dapur Enno Ngawi for TIMES Indonesia)
Coklat Tempe, rasanya manis, gurih dan renyah dengan kemasan elegan adalah kue kering kekinian buatan Dapur Enno Ngawi. (FOTO: Dapur Enno Ngawi for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, NGAWITempe seolah sudah menjadi lauk wajib saat kita berada di meja makan. Tapi di tangan Retno Setyowati, warga Kabupaten Ngawi, tempe tak sekadar lauk biasa, ternyata bisa diolah menjadi kue kering, tepatnya coklat tempe.

Luar biasanya lagi, produk kue kering berbahan dasar tempe buatan Enno, sapaan akrab Retno Setyowati, sudah menembus pasar luar negeri. 

Retno Setyowati, owner Dapur Enno menjelaskan, kue kering berbahan dasar tempe buatannya punya rasa menggoda. Yakni, dipadu dengan coklat. "Rasanya manis, gurih dan renyah. Pokoknya menggoda selera," kata Enno sambil tersenyum. 

Coklat-Tempe-2.jpg

Enno menekuni bisnis makanan sejak tahun 2008. Awalnya dia menerima pesanan makanan dan jajanan basah. Dan pada 2015, muncul ide mengolah tempe untuk dijadikan kue kering. Dengan penuh keyakinan, dia menekuni usaha tersebut hingga saat ini. 

Pelaku UMKM binaan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Ngawi ini kerap mengikuti pelatihan yang diadakan pemkab. Melalui pembinaan tersebut, kini warga Jalan Trunojoyo, Kelurahan Karangtengah ini, akhirnya berhasil menemukan cita rasa dari kue kering olahan tempe. 

Kemasan coklat tempe Enno juga menarik,  setelah mendapatkan fasilitasi desain kemasan dari Wagub Jatim Emil Dardak melalui MJC.

Kini omzet penjualannya juga mulai meningkat dan sudah memiliki reseller di beberapa daerah luar Kabupaten Ngawi. Produk kue kering dengan bahan dasar tempe berlabel Coklat Tempe Kukikek ini dapat diperoleh di sejumlah toko oleh-oleh dan di toko Galery Serena Jalan PB Sudirman 20 Ngawi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES