Peristiwa Daerah

Muncul Pulau Baru di NTT, Wagub: Perlu Penelitian Dulu

Kamis, 15 April 2021 - 16:59 | 67.28k
Muncul pulau baru di NTT pasca cuaca ekstrem. (Sumber: Tangkapan layar video WhatsApp)
Muncul pulau baru di NTT pasca cuaca ekstrem. (Sumber: Tangkapan layar video WhatsApp)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kemunculan beberapa pulau baru di NTT (Nusa Tenggara Timur) setelah kejadian bencana alam dan cuaca ekstrem, mendapat perhatian pejabat setempat. Menurut Wakil Gubernur (Wagub) NTT, Josef Nae Soi fenomena kemunculan pulau baru sering terjadi. 

"Banyak sekali pulau yang saat hujan dia tenggelam, tapi begitu airnya surut dia muncul kembali. Itu perlu penelitian lebih lanjut," ujar Josef saat konferensi pers virtual, Rabu (14/4/2021).

Dia tak menampik kemunculan pulau baru itu menjadi isu yabg tengah merebak di NTT. Pulau baru dikabarkan muncul di sejumlah lokasi, salah satunya di Kabupaten Rote Ndao.

Josef menuturkan isu yang berkembang, akibat siklon tropis seroja ada beberapa pulau yang muncul di NTT. "Ada tanah yang nongol di atas permukaan laut," ucapnya.

Kendati isu pulau baru banyak dibincangkan, pihak Pemprov NTT tidak ingin mengklaim daratan yang baru muncul itu sebagai pulau baru. Dia menegaskan perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan bahwa daratan tersebut sebagai pulau baru yang muncul setelah terjadi bencana.

"Tapi ini kita mesti uji dulu apakah ini memang akibat dari bencana yang kemarin atau memang biasa ada di NTT ini," kata Josef.

Sebelumnya, Camat Loahulu, Kabupaten Rote Ndao, NTT, Jemmy Adu mengatakan bahwa pulau kecil baru tersebut berada di antara Desa Holulai dan Desa Tasilo. Pulau tersebut memiliki bentuk memanjang,  terlihat seperti tanggul pemecah ombak.

"Itu muncul sejak Minggu, tanggal 4 April. Warga nelayan yang awal pertama menemukan," kata Jemmy, Selasa (13/4/2021) dikutip dari detik.com.

Kepala Biro Humas Setda Provinsi NTT, Marius Jelamu menyebut muncul pulau baru yang luasnya sekitar 100 meter persegi tepat di Hari Paskah. Karenanya muncul usulan dari warga untuk menamainya Pulau Paskah.

Namun pemerintah daerah masih belum membahas nama pulau tersebut. Saat ini pemda tengah fokus pada penanganan korban bencana alam di NTT.

"Muncul setelah bencana ini. Pas hari minggu paskah itu, warga mau ngasih nama itu Paskah," katanya terkait kemunculan pualu baru di NTT. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES