Glutera News

6 Nutrisi yang Paling Dibutuhkan Tubuh Saat Puasa

Kamis, 15 April 2021 - 15:12 | 62.41k
FOTO: Glutera
FOTO: Glutera

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat berpuasa, kamu harus memperhatikan asupan nutrisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Hal ini disebabkan karena kamu tidak akan makan dan minum selama lebih dari 12 jam, dan pastinya akan ada perubahan fungsional pada tubuh. Jika tidak diperhatikan, bukan tidak mungkin tubuh akan terasa lemas dan lesu saat puasa. Pastinya, berbagai penyakit pun rentan menyerang.

Nah, supaya kamu terhindar dari berbagai serangan penyakit dan tetap lancar saat berpuasa, pastikan kamu memenuhi kebutuhan tubuh dengan nutrisi yang dibutuhkan saat puasa berikut ini:

1. Karbohidrat

Nutrisi satu ini juga sangat dibutuhkan tubuh saat berpuasa. Pasalnya, karbohidrat menjadi sumber energi utama yang akan digunakan oleh tubuh untuk menunjang segala aktivitas kamu sehari-hari. Kurangnya asupan karbohidrat pada tubuh tentu akan membuat kamu merasa lesu dan kurang bertenaga. Supaya tidak cepat lapar, kamu bisa memilih menu sahur berupa karbohidrat kompleks, seperti roti gandum atau oatmeal. 

2. Protein

Protein tak hanya berperan untuk mempercepat terbentuknya jaringan otot pada tubuh kamu. Nutrisi makro ini juga penting sebagai glikogen yang akan dipecah agar tubuh tetap berenergi, meskipun sedang berpuasa. Kamu bisa memilih telur, ayam, atau ikan daripada daging sebagai menu saat bersantap sahur. Namun, jangan sampai kamu mengonsumsi banyak garam ya, karena bisa membuat kamu cepat merasa haus.

3. Serat

Rasa kenyang lebih lama juga bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi makanan berserat saat sahur dan berbuka. Hal ini disebabkan karena serat membantu memperlambat proses konversi karbohidrat menjadi gula.

Nutrisi satu ini tak hanya bisa kamu dapatkan pada berbagai sayur-sayuran, tetapi juga pada beberapa makanan sumber karbohidrat, seperti beras merah, hitam, atau cokelat. Serat juga baik untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, lho, sehingga tubuh akan terjaga kesehatannya.

4. Lemak

Lemak juga menjadi nutrisi yang dibutuhkan saat puasa, meskipun kebutuhannya tidak sebanyak protein atau karbohidrat. Namun kamu tak boleh sembarangan mengonsumsi makanan berlemak untuk memenuhi kebutuhan tubuhmu. Karena jenis lemak yang kamu butuhkan adalah lemak baik alias High Density Lippoprotein (HDL). HDL bisa kamu dapatkan dari makanan seperti ikan, alpukat, biji-bijian, bayam, dan minyak zaitun.

Sementara itu, kamu perlu menghindari lemak jahat alias Low Density Lippoprotein (LDL) yang berasal dari makanan seperti daging merah, unggas, produk susu, butter, cream, minyak kelapa, dan lainnya karena inilah lemak yang memicu berbagai penyakit, mulai dari hipertensi, obesitas, hingga stroke. Selain itu, makanan berlemak akan membuat kamu cepat merasa kenyang dan kembali merasa lapar. 

5. Vitamin

Jangan lupa sayur dan buah-buahan ya. Tubuh kamu juga butuh asupan vitamin dan buah serta sayur adalah sumber terbaik yang bisa kamu dapatkan. Buah yang mengandung banyak air bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu, sehingga kamu akan terhindar dari rasa haus selama berpuasa.

Kamu juga bisa menutup santap sahur dengan membuat semangkuk salad buah yang dipadukan dengan yoghurt rendah lemak. Sebaiknya, jangan terlalu banyak mengonsumsi gula saat sahur, dan hindari konsumsi kafein, karena bisa membuat kamu sulit tidur dan cepat lelah. 

6. Mineral

Beberapa mineral seperti magnesium, seng (zinc), dan kalsium sangat dibutuhkan untuk menjaga kelancaran berbagai jalur metabolisme dalam tubuh. Bila kadarnya kurang, metabolisme tidak akan berjalan baik dan tubuh pun lebih mudah terserang penyakit.

Air mineral sangat baik untuk dikonsumsi selama berpuasa. Selain mampu memberikan tubuh kita asupan cairan, air yang bersumber dari mata air pegunungan ini juga mengandung berbagai manfaat lain untuk menjaga kesehatan di bulan Ramadan.

Agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi, Anda harus mengikuti anjuran minum di bulan puasa. Secara umum, asupan air minum yang dianjurkan selama berpuasa tetap sama dengan hari-hari biasanya, yaitu berat badan 100 kg membutuhkan 3 litera air minum, sedangkan berat badan 50 kg membutuhkan minimal 1,5 liter air minum setiap harinya.

Pentingnya Asupan Suplemen Saat Puasa

Berpuasa bisa menyebabkan tubuh terasa lemas dan mengantuk saat berkegiatan. Rasa tidak nyaman ini biasanya muncul pada awal masa puasa karena tubuh masih dalam tahap menyesuaikan diri. Untuk itu, Anda perlu menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi suplemen tambahan.

Suplemen dari Glutera terbukti sangat lengkap dan seimbang bagi tubuh saat menjalankan puasa. Dimulai dengan minum Glutera NOX sebagai penutup makan sahur, kemudian minum Glutera COL yang menemani saat berbuka puasa. Dan minum Glutera GSH sekitar 1-2 jam sebelum tidur malam.

Jangan jadikan puasa sebagai hambatan dalam menjalankan segala rencana dan kegiatan Anda. Dengan asupan makanan dan minuman sehat serta aktifitas fisik yang memadai atau ditambah suplemen kesehatan, Anda akan tetap dapat mempertahankan performa logika dan stamina prima Anda untuk meraih yang terbaik setiap harinya. Puasa lancar pekerjaan beres. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES