Entertainment

Kirana Larasati, Davina, hingga Susi Pudjiastuti Kecam Aksi Lucinta Luna

Kamis, 15 April 2021 - 13:50 | 88.48k
Video yang menampilkan aksi pengunjung, salah satunya Lucinta Luna, berenang bersama lumba-lumba. (Tangkapan layar Instagram/@kiranalarasati)
Video yang menampilkan aksi pengunjung, salah satunya Lucinta Luna, berenang bersama lumba-lumba. (Tangkapan layar Instagram/@kiranalarasati)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah video yang menunjukkan aksi pengunjung, salah satunya Lucinta Luna, berenang bersama lumba-lumba, menuai kritik dan kecaman. Termasuk dari artis Kirana Larasati dan Davina Veronica, serta mantan menteri Susi Pudjiastuti.

Video berdurasi singkat itu menunjukkan pengunjung yang salah satunya Lucinta Luna berenang 'mengendarai' seekor lumba-lumba. Aksi tersebut diduga terjadi di tempat wisata Dolphin Lodge, Bali.

Lucinta Luna berenang di area yang sama dengan lumba-lumba. Ia tampak memegang hewan tersebut dengan kedua tangannya berpegangan pada sirip lumba-lumba sambil berenang.

Kirana Larasati menyampaikan kritiknya dengan mengunggah dan membagikan ulang (repost) postingan di Instagram JAAN-Wildlife (@wildlifeaidnetwork). Dimana, akun @wildlifeaidnetwork juga me-repost unggahan dari IG @tinton_natural.

"JAAN WILDLIFE berharap agar tempat wisata Dolphin Lodge ini menutup sarananya demi kesejahteraan satwa, khususnya lumba-lumba. Mari kita saling menyebar edukasi tentang larangan lumba-lumba sebagai obyek seperti ini," tulis akun @wildlifeaidnetwork yang di-repost Kirana Larasati di Instagram-nya.

Kirana Larasati juga me-repost unggahan dari JAAN Wildlife yang meminta pihak Dolphin Lodge untuk menghentikan dan menutup sarananya. "@dolphinlodgebaliofficial hentikan dan tutup sarana seperti ini!!" demikian tulis akun dari Jakarta Animal Aid Network (JAAN) Wildlife pada Rabu (15/4/2021) malam.

Artis yang aktif di partai politik itu mendukung upaya JAAN Wildlife yang meminta perhatian dari pihak berwenang seperti Kementerian LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan) atas kejadian tersebut.

Kirana juga mengunggah pernyataan dari akun milik Tinton Aryo Putro Yudhanto (@tinton_naturalman) yang menyatakan bahwa eksploitasi terhadap lumba-lumba dengan kedok hiburan adalah hal yang tidak mendidik. Lagi-lagi itu dilakukan oleh figur publik. 

Dalam unggahannya juga dituliskan tentang banyaknya orang yang berjuang mengedukasi, menyelamatkan satwa liar supaya mereka bisa hidup lebih sejahtera kemudian bebas dari perburuan dan eksploitasi. "Tapi tempat ini dan public figure ini malah mencontohkan hal yang sangat bertentangan dengan kesejahteraan satwa!"

Tak hanya Kirana Larasati yang mengecam aksi itu. Artis lainnya, Davina Veronica Hariadi turut bereaksi. Bahkan artis bernama lengkap Davina Veronica Hariadi menyebut aksi Lucinta Luna dan kawan-kawan bodoh dan tak mendidik.

"This is really really stupid, uneducated, cruel and heartless. Sedih banget melihat ini. Dolfin ini seperti budak manusia. A slave for human entertainment. Kamu tahu tidak bahwa dolfin adalah hewan paling cerdas di bumi ini. They are intelligent, complex and gentle creature.. There are social beings. Ini pasti dipisahkan dari keluarganya. Im sure they miss their family and mostly, the ocean."

"Dolphins can swim up to 40 km/hr. They spend the least amount of energy when swimming at speeds of about 8 km/hr. So the fact that they are in captivity it's like they are swimming in a bathtub.. Everyday, for your amusement.
Please think about this before you pay for something like this.

Three things that kills dolphin: our pollution, our fishing nets and our captivity... Captivity kills.

This is A violence of nature.
Mungkin si public figure kurang peka terhadap hal ini or i dont know deh...Lebih baik kita edukasi agar paham. Terima kasih @tinton_naturalman sudah posting ini, sehingga kita tau @lucintaluna_manjalita posting ini, semoga lain kali lebih bijak dalam mem-posting konten. Sekarang mari kita menghimbau & saling menyebar edukasi tentang larangan dolfin sebagai obyek hiburan seperti ini. Harus di tutup sarana-sarana seperti ini. This is clearly and purely money and business only. Trust me! Tidak ada unsur edukasi dan kesejatheraaan satwa sama sekali.
Dan untuk @dolphinlodgebaliofficial tolong hentikan dan tutup sarana seperti ini," tulisnya pada Rabu, 14 April 2021.

Reaksi dan kecaman juga ditunjukkan oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti. 

"Many People think money & fame can buy and allowing to do anything...including stupidity and being stupid (Banyak orang mengira uang & ketenaran dapat membeli dan mengizinkan untuk melakukan apa saja .. termasuk kedunguan dan menjadi bodoh,red)," tulisnya di akun Twitter @susipudjiastuti.

Hingga saat ini, belum ada tanggapan dari Lucinta Luna terkait video dan kecaman tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES