Politik

Pengamat: Bambang Haryo Layak Pimpin Gerindra Jatim

Kamis, 15 April 2021 - 10:06 | 51.39k
Bambang Haryo Soekartono (BHS) saat memberi bantuan panti asuhan di Sidoarjo. (Foto: Rudi Mulya/TIMES Indonesia)
Bambang Haryo Soekartono (BHS) saat memberi bantuan panti asuhan di Sidoarjo. (Foto: Rudi Mulya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Kepemimpinan Partai Gerindra Jawa Timur  hingga saat ini memang belum dipimpin Ketua definitif atau masih di jabat PLT. Sejak wafatnya Supriatno, hingga saat ini Gerindra Jatim masih dijabat PLT, yaitu Anwar Sadad sebagai Plt Ketua Garindra Jatim.

Saat ini muncul dua nama kader Partai Gerindra Jatim yang disebut berpeluang duduk sebagai ketua Partai Gerindra Jatim, yakni Anwar Sadad dan Muhammad Fawait  yang sama-sama anggota DPRD Jatim.

Bambang Haryo Soekartono 2Direktur Eksekutif Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Sirajt. (foto: dokumen)

Menanggapi fenomena Politik besutan Prabowo Subianto tersebut Direktur Eksekutif Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Sirajt mengatakan jika perebutan kursi Gerindra Jatim antara Anwar Sadad dengan Muhammad Fawait ini sangat terasa, meski tidak akan dilakukan pemilihan.

"Tetapi gesekannya terasa, sehingga bila salah satu dari dua figur tersebut yang ditunjuk, maka sangat memungkinkan ada friksi-friksi yang sulit disatukan," kata Baihaki kepada TIMES Indonesia, Kamis (15/4/2021).

Bila itu yang terjadi, lanjut Baihaki, tentu akan sangat mengganggu terhadap konsolidasi partai dalam menghadapi pemilu. Apalagi, Jatim akan dijadikan basis kemenangan Gerindra.

"DPP Partai Gerindra harus memikirkan ulang bila akan menunjuk dua figur tersebut sebagai Ketua Gerindra Jawa Timur, menginggat kepentingan politik Gerindra di Jatim. Jadi jangan sampai ada gesekan," ungkapnya.

Saat disinggung, soal sosok yang ideal untuk memimpin dan membesarkan Garindra di Jatim, Baihaki lalu menyebutkan ada lima nama tokoh di luar dua figur tersebut.

"Kalau saya justru mending diantara Pak Bambang Haryo Soekartono atau BHS (Mantan Anggota DPR RI), R. Imron Amin (DPR RI), Ahmad Hadinuddin (Ketua Fraksi Garindra DPRD Jatim), Moreno Soeprapto (DPR RI), Wihadi Wiyanto (DPR RI)," ucapnya, Kamis (15/4/2021).

Menurutnya, kelima tokoh tersebut juga sama-sama memiliki pengalaman politik yang cukup di Gerindra.

"Dan saya yakin figurnya lebih bisa diterima oleh banyak kalangan, baik internal ataupun eksternal, dan Pak Bambang Haryo Soekartono (BHS) sangat layak mempimpin Gerindra Jatim dengan banyaknya pengalaman beliau sebagai Mantan Anggota DPR RI," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES