Peristiwa Internasional

Sejarah Hari Ini: 15 April, Duka Liverpool di Tragedi Hillsborough

Kamis, 15 April 2021 - 11:00 | 145.33k
Fans Liverpool berdoa mengenang Tragedi Hillsborough. (GETTY IMAGES)
Fans Liverpool berdoa mengenang Tragedi Hillsborough. (GETTY IMAGES)

TIMESINDONESIA, JAKARTASejarah hari ini mencatat peristiwa duka dari dunia sepakbola. Pada 15 April 1989, pertandingan semifinal Piala FA antara Liverpool dan Nottingham Forest berubah menjadi peristiwa duka. Sebanyak 96 suporter yang sebagian besar fans Liverpool tewas dalam peristiwa yang dikenal sebagai Tragedi Hillsborough itu. 

15 April, juga mencatat beberapa persitiwa penting lainnya, seperti pelantikan Ahmad Riza Patria sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta hingga teror bom bunuh diri di Polres Cirebon. Berikut ulasannya:

1989: Tragedi Hillsborough 

HILLSBOROUGH.jpgHILLSBOROUGH INQUESTS

Peristiwa ini bermula saat FA menunjuk Stadion Hillsborough sebagai tempat netral untuk laga semifinal Piala FA antara Liverpool dan Nottingham Forest yang digelar pada 15 April 1989.

Kejadian tragis ini dipicu dari kecilnya jumlah kapasitas stadion. Suporter Liverpool yang berjumlah banyak merangsek masuk ke stadion dan membuat penonton tewas tergencet pagar atau terinjak. 

Saat itu, stadion di Inggris masih menerapkan pagar besi pembatas antara tribun dengan lapangan. Ini untuk mencegah penonton masuk lapangan.

Peristiwa ini akhirnya membuat federasi sepakbola Inggris mengubah standar keamanan stadion, termasuk meniadakan pagar pembatas tribun dengan lapangan.

Tragedi ini menyisakan duka mendalam bagi Liverpool, karena sebagian besar korban meninggal adalah fans the Reds. Ini sekaligus peristiwa kelam kedua bagi Liverpool yang puluhan fansnya tewas dalam Tragedi Heysel pada 1985.

2011: Bom Bunuh Diri di Cirebon

Bom bunuh diri terjadi di masjid At-Taqwa yang ada di kompleks Polresta Cirebon Jawa Barat, pada 15 April 2011. Pelaku bernama Muhammad Syarif meledakkan diri saat shalat Jumat berlangsung. Kapolresta Cirebon AKBP Herukoco yang berada di saf terdepan juga ikut menjadi korban. Punggung Kapolresta terluka akibat terkena serpihan bom, seperti paku, baut, dan mur.

2020: Ahmad Riza Patria sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta

Ahmad-Riza-Patria.jpgWakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membaca sumpah saat dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 15 April 2020. Ahmad Riza Patria resmi menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta seusai dilantik Presiden Joko Widodo. ANTARA/Hafidz Mubarak A/POOL

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ahmad Riza Patria sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, sisa masa jabatan 2017-2022 di Istana di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 40/P Tahun 2020 tentang Pengangkatan Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk sisa masa jabatan 2017-2022. 

Riza Patria menggantikan Sandiaga Salahuddin Uno dari jabatan Wagub DKI Jakarta yang mengundurkan diri, lantaran mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden (Cawapres) di Pemilu 2019. 

Pemilihan Wagub DKI Jakarta itu pun sempat mengalami proses panjang lantaran DPRD tak kunjung menggelar pemilihan. Alhasil, jabatan pendamping Gubernur Anies Baswedan itu kosong selama 1 tahun 8 bulan. 

1452: Kelahiran Leonardo Da Vinci

Leonardo-Da-Vinci.jpg

Leonardo Da Vinci merupakan sosok yang populer karena sebuah karyanya berbentuk seorang wanita bernama Mona Lisa. Da Vinci lahir di Italia, 15 April 1452. Da Vinci mulai mengenal lukisan sejak berusia 15 tahun. Saat itu ayah Da Vinci membawanya berkenalan dengan rekannya di bengkel bernama Andrea Verrochio. Pada lukisan Verrochio.

Da Vinci memiliki kontribusi dalam lukisannya yakni Pembaptisan Kristus. Dimana Da Vinci melukis dua malaikat anak-anak yang memegang jubah milik Yesus. Pada usianya 20 tahun, Da Vinci memperoleh kualifikasi sebagai seniman ahli di Seniman Santo Lukas. 

Lukisan Mona Lisa digarap Leonardo Da Vinci di tahun 1503. Lukisan ini nantinya yang akan menjadi lukisan paling masyhur. Mona Lisa digambarkan dengan sosok perempuan setengah badan yang sedang tersenyum. Rumor mengenai siapa perempuan yang dilukis Da Vinci pun beredar. Yakni beberapa mengatakan jika itu adalah Isabella of Aragon seorang istri adipati keenam, Milan Gian Galeazzo Sforza yakni seorang Pekerja Seks Komersial yang misterius, ibunda Da Vinci sendiri, ada juga yang berpendapat itu adalah gambar Lisa Del Giocondo, istri dari pedagang sutra kaya dari Firenze. 

Leonardo Da Vinci meninggal pada 2 Mei 1519 di usia 67 tahun dikarenakan terkena serangan stroke. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES