Gaya Hidup TIMES Ramadan

Tips Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Puasa Ramadan

Kamis, 15 April 2021 - 10:00 | 56.42k
Ilustrasi.
Ilustrasi.
FOKUS

TIMES Ramadan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat menjalankan ibadah puasa Ramadan, tubuh akan kekurangan cairan akibat jarang mengonsumsi air putih. Akibatnya, produksi air liur akan berkurang dan dapat menjadi pemicu munculnya gangguan pada gigi dan bau mulut. Untuk itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa  sangat penting dilakukan.

Memiliki masalah kesehatan gigi dan mulut tentu membuat seseorang merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa seperti banyak mengonsumsi air putih, mengonsumsi buah dan sayur, dan menyikat gigi setelah sahur selama bulan puasa.

Selain itu, terdapat beberapa hal lain yang bisa membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut selama berpuasa. Berikut cara menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Hindari Konsumsi Makanan yang Lengket

Salah satu cara menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa yaitu hindari konsumsi makanan yang lengket. Beberapa makanan yang memiliki tekstur lengket seperti cokelat, sereal, hingga keju bisa menyebabkan penumpukan karang gigi dan membahayakan kesehatan gigi dan mulut.

Selain itu, Anda juga harus membatasi mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula. Sejumlah penelitian menekankan pengaruh besar gula dalam kesehatan gigi. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk selalu membersihkan gigi dan menggunakan pasta gigi yang bisa memberikan perlindungan yang dibutuhkan selama menjalankan ibadah puasa.

2. Jangan Lupa untuk Sikat Gigi Setelah Berbuka dan Sahur

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut saat berpuasa selanjutnya, yaitu menyikat gigi setelah berbuka dan sahur. Menyikat gigi setelah buka dan sahur sangat penting untuk mencegah gangguan pada gigi dan mulut.

Saat menyikat gigi, pastikan semua bagian gigi yaitu bagian dalam gigi, permukaan dalam gigi, dan permukaan luar gigi dibersihkan. Selain itu, dianjurkan untuk menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluorida agar dapat mencegah pembentukan rongga dan memperkuat gigi.

3. Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur memiliki kandungan serat tinggi yang dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa. Dengan mengonsumsi buah dan sayur secara teratur, dapat mengembalikan zat mineral pada gigi.

Setelah mengonsumsi buah dan sayur, Anda juga bisa menggunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Gunakan obat kumur setelah berbuka atau sahur agar kesehatan gigi dan mulut Anda selalu terjaga.

4. Gunakan Pembersih Lidah

Bau mulut atau halitosis disebabkan karena beberapa bakteri, seperti Bacteriodes Loeischeii, Centipeda Peridontii hingga Provetella Melaninogencia. Beberapa bakteri tersebut apabila tidak segera dibersihkan maka dapat menimbulkan senyawa bau tak sedap di dalam mulut.

Cara membersihkan mulut dapat menggunakan scraper atau pembersih lidah. Alat ini dapat membantu mengangkat sisa-sisa makanan yang menyelimuti lidah dan menimbulkan bau mulut. Dengan menggunakan pembersih lidah secara teratur, efektif untuk menjaga kesehatan mulut.

5. Minum Air Putih Secukupnya

Salah satu cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang paling mudah dengan minum air putih secukupnya. Minum air putih dapat berfungsi efektif untuk menjaga agar napas tetap segar.

Melansir dari Healthline, saat tubuh kekurangan cairan, dapat menyebabkan bau yang tidak sedap. Dengan minum air putih yang cukup dapat mengurangi bau mulut yang tak sedap. Itu tips menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES