Peristiwa Daerah

Tinjau Gempa di Malang, Ketua FKBN DPRD Jatim: Korban Butuh Material Bangunan

Rabu, 14 April 2021 - 15:04 | 30.40k
Politisi PKS sekaligus Ketua FKBN DPRD Jatim, Dwi Hari Cahyono ketika meminjau lokasi Gempa di Malang. (Foto : Tim Media Dwi for TIMES Indonesia)
Politisi PKS sekaligus Ketua FKBN DPRD Jatim, Dwi Hari Cahyono ketika meminjau lokasi Gempa di Malang. (Foto : Tim Media Dwi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGKetua FKBN DPRD Jatim, Dwi Hari Cahyono menegaskan bahwasanya korban gempa di Malang saat ini membutuhkan bantuan material bangunan untuk membangun lagi rumah mereka yang roboh.

Hal ini dikatakan oleh Politisi PKS tersebut, setelah melakukan kunjungan ke daerah terdampak gempa di Desa Tamanasri, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.

FKBN DPRD Jatim bPolitisi PKS sekaligus Ketua FKBN DPRD Jatim, Dwi Hari Cahyono ketika memberikan bantuan. (Foto : Tim Media Dwi for TIMES Indonesia).

"Di tengah Pandemi Covid-19 yang belum berakhir dan membuat ekonomi terpuruk, para korban sangat berat sekali untuk segera membangun rumah kembali," ujar Dwi kepada TIMES Indonesia, Rabu (14/4/2021) siang.

Lebih lanjut dia mengatakan, maka dari itu para korban membutuhkan bantuan berupa material maupun bahan bangunan. Sehingga, para korban berharap bantuan material tersebut.

"Harapannya pemerintah segera mengalokasikankan program bedah rumah khususnya bagi mereka yang memang betul-betul tidak mampu untuk membangun rumah kembali," ungkapnya.

Menurutnya, program bedah rumah tersebut ada pada pemerintah daerah. Dalam hal ini adalah Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten sebagai eksekutif.

"Sebelum dilakukan bedah rumah, perlu dilakukan pembersihan puing-puing gempa. Karena ada yang kondisinya membahayakan kalau dibiarkan dan tidak diratakan," jelasnya.

Selain itu Dwi juga memperhatikan banyaknya rumah ibadah khususnya masjid maupun musola yang roboh akibat gempa. Sehingga tidak bisa dipergunakan untuk beribadah lagi.

"Juga perlu dipersiapkan tempat untuk salat serta tarawih bersama," imbuhnya. Dia menegaskan, PKS juga telah mendistribusikan bantuan kepada korban Gempa.

FKBN DPRD Jatim cKondisi rumah yang roboh akibat gempa. (Foto ; Tim Media Dwi for TIMES Indonesia).

Bantuan tersebut berupa sembako dan uang tunai. "PKS melakukan beberapa kegiatan diantaranya tahlil bersama untuk korban yang meninggal di desa tamanasri maupun di  tempat lainnya," kata mantan Direksi PD Jasa Yasa ini.

Terakhir, politisi PKS yang menjabat sebagai Ketua FKBN DPRD Jatim ini juga menilai perlu adanya trauma healing untuk menghilangkan trauma bagi korban gempa di Malang.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES