Peristiwa Daerah

Anggota DPRD Bontang Yaser Arafat Dorong Percepatan Program Kotaku Pantai Harapan

Rabu, 14 April 2021 - 14:04 | 76.18k
Anggota Komisi III DPRD Bontang, Yaser Arafat (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)
Anggota Komisi III DPRD Bontang, Yaser Arafat (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Salah satu program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yakni Pantai Harapan menjadi perhatian anggota Komisi III DPRD Bontang, Yaser Arafat.

Politisi partai Golkar ini mengatakan sedang memperjuangkan program yang telah diajukannya sejak tahun 2018.

Program yang berada di kelurahan Berbas pantai ini sangat diharapkan bisa terealisasi. Pasalnya sebanyak 7 kawasan di putuskan Pemerintah pusat telah masuk wilayah Kotaku.

"2018 sudah diajukan untuk program Kotaku di Berbas pantai, anggarannya cuma Rp.70 Juta. Jadi tidak terserap, karena kita butuh DED dulu sebagai langkah awal," ucapnya.

Pada tahun 2022 telah di anggarkan untuk membuat DED pada APBD 2022. Akan tetapi tetap diperlukan kolaborasi anggaran dalam penuntasan programnya.

"Tidak semua anggarannya ke pemerintah pusat. Informasi tadi mesti di kolaborasi juga dari APBD Kota dan Provinsi," ungkap Ketua Asosiasi Futsal Bontang ini.

Sementara Lurah Berbas Pantai, Rendhy Maulia mengapresiasi upaya legislator Bontang khususnya di komisi III. Ia berharap program Pantai Harapan dapat terealisasi.

Sebab sebanyak 489 Rumah yang bermukim di Berbas Pantai diyakininya masih tergolong pemukiman kumuh. Jamban yang tradisional dan masih sulitnya distribusi air bersih jadi aktivitas sehari hari masyarakat.

"Di sana mereka jambannya nyemplung langsung ke laut dan masih sulit air bersih," ungkapnya.

Pria lulusan STPDN ini kemudian melakukan kerjasama dengan banyak pihak, mulai provinsi Kaltim hingga perusahaan.

Terutama dalam membantu masyarakat merubah jamban tradisional menjadi jamban sehat ala pesisir berupa sanitasi jamban sehat.

"Akhirnya kami mencari jalan keluar. Kami juga coba dengan koordinsi pusat. Alhamdulillah denga ln program sanitasi jamban sudah berkurang 72 rumah dan ada 3 RT masuk program provinsi berupa Kampung KB," tutupnya..

Diketahui, program Kotaku di Kota Bontang yang sedang digalakkan saat ini antara lain Selambai Loktuan, Bontang Kuala, Kanaan dan Pantai Harapan Berbas Pantai. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES