Pemerintahan

Sinyal Kuat Presiden RI Jokowi Positif Reshuffle Kabinet Pekan Ini

Rabu, 14 April 2021 - 14:00 | 30.79k
Presiden RI Jokowi. (FOTO: Setkab RI)
Presiden RI Jokowi. (FOTO: Setkab RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pasca penyatuan Kementerian Riset dan Tekonologi (Kemenristek) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), perbincangan reshuffle kabinet yang akan dilakukan oleh Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) menguat.

Tenaga Ahli Utama Kedeputian Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin misalnya, ia secara terbuka menyebut Kepala Negara akan melakukan reshuffle kabinet pekan atau waktu dekat ini.

"Pekan ini (reshuflle), sangat bisa pekan ini," kata Ngabalin katanya kepada wartawan.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menguatkan Presiden Jokowi akan melakukan perombakan Kabinet kembali. Salah satunya setelah adanya penyatuan Kemenristek dengan Kemendikbud. Diketahui, usulan pemerintah untuk menyatukan dua kementerian tersebut telah disetujui DPR RI kemarin.

Selain itu lanjut dia, pemerintah akan segera membentuk kementerian baru yaitu Kementerian Investasi. Dengan adanya kementerian baru, otomatis akan ada menteri baru.

"Selama masa kerja di Bina Graha saya tahu benar, bagaimana keputusan-keputusan yang diambil presiden tidak membutuhkan waktu lama," kata Ngabalin.

"Dan tinggal kita tunggu waktunya dalam pekan ini," tambahnya.

Sebelumnya, penerima Greatest Honorary Award 2020 Anugerah TIMES Indonesia (ATI) yang juga Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga dikabarkan sudah melakukan pertemuan tertutup dan berdiskusi mengenai reshuffle kabinet.

Sejumlah Nama

Ketua organisasi relawan pendukung Jokowi, Jokowi Mania (JoMan), Immanuel Ebenezer mengatakan, sejumlah nama disebut-sebut akan diganti. Yang pertama disebut akan diganti adalah Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Ia menilai Pratikno pantas diganti. Immanuel mengatakan, sosok Yusril Ihza Mahendra dinilai cocok menggantikan Pratikno. "Dari pengalaman-pengalaman yang ada, yang menguasai ketatanegaraan dan berkenaan dengan negara, saya rasa Pak Yusril layak untuk menggantikan Pak Pratikno," ujar Immanuel.

Ia melanjutkan, empat menteri lain yang dinilai layak di-reshuffle, antara lain Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil.

"Jadi menurut saya Presiden (Presiden RI Jokowi) harus peka, kalau tidak peka, ini bahaya," ujarnya soal reshuffle kabinet. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES