Politik

Ketum Demokrat AHY Salip Elektabilitas Anies Baswedan, Ahok dan Khofifah

Rabu, 14 April 2021 - 10:10 | 22.93k
Direktur Riset SSC Edy Marzuki.(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Direktur Riset SSC Edy Marzuki.(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sederet nama sosok Calon Presiden (Capres) 2024 mulai muncul. Surabaya Survey Center (SSC) mengawali gebrakan dengan responden kalangan milenial Jatim. 

Berdasarkan hasil survei elektabilitas, nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berada pada urutan lima besar mengalahkan Anies Baswedan dan Ahok. Namun masih berada di bawah Risma, Prabowo dan Ganjar. 

"Kalau untuk elektabilitas, Risma memuncaki dengan 15 persen. Baru disusul oleh Prabowo dan Ganjar yang masing-masing mengantongi 10.8 persen dan 9.9 persen,” kata Direktur Riset SSC Edy Marzuki saat dihubungi, Rabu (14/4/2021). 

“Lalu, AHY berada di atas Anies Baswedan hingga Ahok atau Basuki Thahaya Purnama dan Khofifah. AHY meraih 4.2 persen, kemudian nama-nama lain di atas masing-masing meraih 3.6 hingga 2.9 dan 2.7 persen. Ada juga nama-nama lain seperti Susi Pudjiastuti, Sandiaga Uno, dan Mahfud MD serta Ridwan Kami tapi capaiannya tidak sampai 2.5 persen,” ujar Edy.

Meski demikian, pria yang juga dosen di Universitas Yudharta Pasuruan ini mengungkapkan jika ceruk di kalangan milenial untuk bursa Capres masih begitu terbuka. 

“Di survei top of mind, 67.6 persen responden memilih tidak tahu atau tidak menjawab. Untuk survei elektabilitas, 41.4 persen memilih tidak tahu dan tidak menjawab. Ini ceruk yang sangat potensial mengingat Pilpres masih di tahun 2024,” jelas Edy.

Sebagai informasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh Surabaya Survey Center ini dilaksanakan dari tanggal 5-25 Maret 2021 di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Sebanyak 1070 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dari kalangan milenial dalam setiap KK dilakukan dengan bantuan kish grid.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES