Kesehatan

Segudang Manfaat Pohon Okra Bagi Kesehatan Anda

Rabu, 14 April 2021 - 10:46 | 97.98k
Pohon Okra yang sudah berbuah (Foto: Dok. Engkus Kusdiana)
Pohon Okra yang sudah berbuah (Foto: Dok. Engkus Kusdiana)

TIMESINDONESIA, CIAMISPohon Okra yang mungil dan daunnya berbentuk seperti jari ini ternyata punya segudang manfaat bagi kesehatan. Tak hanya biji kopi Okra saja yang berkhasiat. Tetapi buahnya bisa diolah menjadi sayuran untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh Anda.

"Kalau diolah jadi kopi Okra tentunya baik untuk kesehatan kita. Khususnya, untuk kesehatan mata kita. Selain itu, bisa mengobati anemia, mengurangi asma, anti kanker dan menguatkan tulang," tutur Engkus Kusdiana, seorang pembudidaya pohon Okra di Kabupaten Ciamis, Selasa (13/4/2021).

Menurutnya, untuk memunculkan khasiat kopi Okra, pengolahannya harus dipadu dengan jahe. Sehingga, rasanya juga semakin nikmat dan hangat di tenggorokan.

Pohon-Okra-2.jpg

"Bahkan, waktu itu pernah ada yang minta buah Okra di kebun Okra milik saya, katanya untuk diolah menjadi kopi untuk melancarkan datang bulan. Ternyata, itu berhasil, setelah ia minum kopi Okra," imbuhnya.

Pohon Okra yang tingginya hanya bisa mencapai setengah badan orang dewasa ini, termasuk dalam kategori sayuran. Pohon okra yang memiliki nama ilmiah Abelmoscchus Esculentis ini teksturnya berlendir dan lembut.

"Buah Okra ini bentuknya seperti cabai besar berwarna hijau. Nah, biji Okranya ada di dalamnya. Satu buah isinya bisa puluhan butiran kecil biji Okra," paparnya.

Pohon-Okra-3.jpg

Selain itu, Pohon Okra ini cocok di iklim tropis seperti Indonesia, salah satunya di Kabupaten Ciamis ini. Pohon Okra ini banyak juga ditemukan di negara Asia Selatan lainnya dan negara Ethiopia.

Karena pohon Okra masih tergolong sayuran. Maka, buah pohon Okra ini bisa diolah menjadi sayuran yang tak kalah berkhasiat dengan biji kopi Okra.

"Biasanya, buahnya diolah dengan cara ditumis. Khasiat sayuran Okra ini bisa menurunkan kadar gula darah, kadar kolestrol dan melancarkan pencernaan," jelasnya.

Sayuran tumis dari Pohon Okra yang kaya akan kandungan khasiat bagi kesehatan, tentunya juga bisa menjadi olahan lezat untuk santapan Anda sehari-hari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES