Kuliner TIMES Ramadan

4 Rekomendasi Jajanan Buka Puasa di Kawasan Sunan Ampel

Rabu, 14 April 2021 - 11:00 | 137.71k
Roti maryam jajanan timur tengah yang bisa menjadi rekomendasi jajanan saat buka puasa di Sunan Ampel. (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)
Roti maryam jajanan timur tengah yang bisa menjadi rekomendasi jajanan saat buka puasa di Sunan Ampel. (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)
FOKUS

TIMES Ramadan

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Di bulan Ramadhan tempat paling asik mencari menu berbuka puasa adalah di kawasan Sunan Ampel Surabaya. Selain suasana kampung arab yang tererasa seperti berada di timur tengah, ada banyak jajanan yang bisa dicicipi untuk menu buka puasa.

Banyaknya jajanan yang ada terkadang membuat pembeli bingung hendak membeli jajanan yang mana. TIMES Indonesia punya 4 rekomendasi jajajan timur tengah yang wajib dicoba saat buka puasa di Ampel.

1. Roti Mariyam

Siapa sih tak kenal jajanan satu ini, roti mariyam memang banyak ditemui dijalanan. Namun, makan roti mariyam di Ampel berasa sedang berada di timur tengah dengan penjual yang biasanya adalah orang arab. Roti mariyam yang dijual di kawasan Sunan Ampel adalah buatan penjualnya sendiri, bukan roti mariyam beku yang biasa dijual di pinggir jalan. Tak jarang, harga yang mereka jual pun sedikit lebih miring. Satunya kita bisa beli dengan harga Rp. 2.500 sampai Rp. 3.000 saja.

2. Kebab

Sama seperti roti mariyam, kebab juga banyak dijumpai dipinggir jalan. Tapi jangan heran, makan kebab di Ampel kita akan merasa makan kebab di turki langsung. Salah satu penjual yang ditemui TIMES Indonesia, bahkan membuat daging kebabnya sendiri. Harganya juga sedikit miring hanya Rp.10 ribu saja.

3. Sambosa

Mungkin sebagian orang tau jajanan ini, tapi jika kita berkunjung ke Ampel kita akan banyak menjumpai penjual sambosa. Sambosa sendiri hampir sama seperti martabak mie berbentuk segitiga, namun isi didalamnya biasanya tuna dengan diberi bumbu rempah-rempah. Rasanya khas timur tengah sekali. Harga yang dijual para pedagang pun cukup murah hanya sekitar Rp. 2.500 saja.

4. Kue Kamir

Kue Kamir adalah kue yang dikenal di Pemalang Jawa Tengah, namun dari sejarahnya kue ini berasal dari negara Arab. Kue ini juga banyak dijumpai di Kawasan Ampel. Apalagi ketika bulan ramadhan, penjual kue dipinggir jalan sekitar ampel akan banyak menjual jajanan ini. Kue ini memiliki cita rasa yang khas dengan rasa manis dan legit mirip kue apem. Harganya pun cukup murah mulai dari Rp. 2.500 saja.

Itu lah tadi 4 rekomendasi makanan timur tengah yang bisa dijadikan pilihan ketika memutuskan untuk buka puasa Ramadan di kawasan Sunan Ampel Surabaya. Selamat mencoba.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES