Peristiwa Daerah

Warga Bondowoso Temukan Kubur Bilik Era Megalitikum, Ada Tulang Jenazah dan Pusaka

Selasa, 13 April 2021 - 21:20 | 69.67k
Kuburan bilik ditemukan oleh warga Desa Lojajar Kecamatan Tenggarang Bondowoso, di dalamnya ditemukan tulang belulang dan pusaka. FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Kuburan bilik ditemukan oleh warga Desa Lojajar Kecamatan Tenggarang Bondowoso, di dalamnya ditemukan tulang belulang dan pusaka. FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Salah seorang warga di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, menemukan kubur bilik yang diduga kuat peninggalan era megalitikum. Penemuan peninggalan budaya itu pada Senin (12/4/2021).

Penemuan tersebut berlokasi di RT 11 RW 6 Dusun Kecik, Desa Lojajar, Kecamatan Tenggarang Bondowoso. Ditemukan Wasit (43) warga setempat.

Wasit mengatakan, dia tak sengaja menemukan kuburan tersebut ketika hendak membuat saluran air. Tepatnya di gundukan batu cadas.

"Saat menggali, saya melihat ada sebuah lubang di permukaan tanah berdiameter sekitar 8 centimeter," paparnya.

Penasaran, Wasit kemudian melihat lebih dekat lubang tersebut. Menurutnya, di dalam ada semacam ruangan. Dibantu sinar lampu senter dia bisa melihat lebih jelas ruang di dalam tanah tersebut.

Kuburan-bilik-2.jpg

"Saya mengambil lampu senter di rumah untuk menerangi lubang agar bisa terlihat jelas. Saya terkejut melihat ruangan di dalam lubang," jelasnya.

Dia mengira itu gua. Di sisi lain dia merasa takut,  karena dia menggap sarang ular. "Sebab, warga sekitar kerap melihat ular berkeliaran," imbuhnya saat dikonfirmasi, Selasa (13/4/2021).

Tetapi karena penasaran, dia mencari cara agar bisa masuk dan mencari pintu. Akhirnya dia menemukan akses agar bisa masuk ke ruangan tersebut.

"Pintu masuk berada di timur lubang. Kondisinya tertutup oleh batu berukuran cukup besar dan berbentuk kotak," jelasnya.

Kemudian dia memindahkan batu itu. Memang benar kata dia, terdapat gua yang cukup besar. "Kira-kira bisa menampung 6 orang dewasa kalau berjongkok," terangnya.

Dia pun masuk, di dalamnya dia menemukan tombak, keris, gerabah, manik-manik, dan tulang. "Kondisi keris patah, sedangkan tulang sudah hancur," paparnya.

Tulang yang ditemukan di kubur bilik peninggalan era megalitikum Bondowoso tersebut adalah bagian betis dan tengkorak kepala. "Tulang-tulang itu saya kubur kembali di tempat pemakaman umum desa. Lalu, saya melaporkan temuan ini," ujarnya. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES