Peristiwa Daerah

Kadinsos P3A Tuban Sidak Komoditi Pangan

Selasa, 13 April 2021 - 20:20 | 31.34k
Kepala Dinsos P3A Kabupaten Tuban Eko Julianto saat sidak ke rumah KPM BPNT/ PKH di Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Selasa (13/04/2021). (Foto: Ahmad Istihar/TIMES Indonesia)
Kepala Dinsos P3A Kabupaten Tuban Eko Julianto saat sidak ke rumah KPM BPNT/ PKH di Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Selasa (13/04/2021). (Foto: Ahmad Istihar/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Kepala Dinsos P3A Tuban melakukan peninjauan langsung atau sidak ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima progam Bantuan Sosial Pangan atau sering dikenal BPNT di Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. 

Eko Julianto Kadinsos P3A Tuban didampingi staf dan Camat Semanding, Danarji sidak ke kediaman Darti dan Narmi warga dusun Tlogo Desa Prunggahan Kulon, penerima progam BSP/ BPNT di Kabupaten Tuban.

"Ini masih layak konsumsi kan mbah," tanya Kadinsos P3A Eko kepada KPM Darmi. 

Eko sapaan akrab mantan Kabag Kesra Setda Tuban juga mengatakan sidak tanpa direncanakan ini terus dilakukan saat penyaluran komoditi pangan di transaksikan agen e-warung ke KPM dengan cara sampling dan tidak diberitahukan sebelumnya. Hasilnya komoditas pangan berkualitas baik sejalan dengan persyaratan yang dibebankan ke suplier beras. 

"Masing-masing KPM menerima beras kualitas premium 15 kg, telur dan tempe dalam kondisi layak. Dua KPM yang kami kunjungi, seluruhnya memenuhi ketentuan," imbuhnya. 

Dikesempatan sidak itu, Kepala Dinsos P3A Tuban, Eko menghimbau agen dan KPM untuk mengembalikan komoditas pangan apabila tidak sesuai dengan ketentuan atau berkualitas kurang baik.

"Pihak agen penyalur diminta benar-benar selektif menerima komoditas pangan sebelum didistribusikan ke KPM.

Dia juga menegaskan sidak serupa akan terus dilanjutkan guna memastikan dan menjamin KPM memperoleh haknya sesuai pedoman umum ditetapkan kemensos RI. Sebab itu, Dinas juga akan berikan sanksi tegas terhadap e- warung yang ditenggarai dimiliki pendamping. Selain itu, dinsos juga akan mulai pembenahan terhadap letak geografis e-warung agar KPM lebih mudah menjangkau tidak harus jauh - jauh transaksi pembelian komoditi pangan dari tempat ke tempat lain. 

“Peninjauan dilakukan sebagai wujud komitmen pengawasan dan pengawalan dari hulu hingga hilir guna menjamin kualitasnya. Kami sudah menerima berbagai catatan untuk kemudian dilakukan perbaikan dari agen - agen agar semua berjalan sesuai proseduralnya," tutup Kepala Dinsos P3A Tuban Eko Julianto yang baru dilantik awal pekan kemarin. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES