Pemerintahan Indonesia Bangkit

Kementerian PUPR RI Gandeng Badan Usaha untuk Pemeliharaan Jalintim Sumatera di Riau

Selasa, 13 April 2021 - 20:52 | 56.90k
Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat beri pengarahan di acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Proyek KPBU Kegiatan Preservasi Jalintim Sumatera di Provinsi Riau di Auditorium Kementerian PUPR RI, Senin (12/4/2021). (Kementerian PUPR RI)
Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat beri pengarahan di acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Proyek KPBU Kegiatan Preservasi Jalintim Sumatera di Provinsi Riau di Auditorium Kementerian PUPR RI, Senin (12/4/2021). (Kementerian PUPR RI)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) mengupayakan pemeliharaan jalan nasional sepanjang 43 km di ruas Jalan Lintas Timur Sumatera (Jalintim Sumatera) di Provinsi Riau melalui skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Dikatakan Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono pemeliharaan Jalintim di Riau ini dalam rangka mempertahankan fungsi jalan raya termasuk jembatan.

“Jalan ini akan sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan juga menjaga inflasi. Kalau jalan rusak, inflasi naik karena menyebabkan biaya logistik menjadi lebih mahal,” ujar Menteri Basuki dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Proyek KPBU Kegiatan Preservasi Jalintim Sumatera di Provinsi Riau di Auditorium Kementerian PUPR RI, Senin (12/4/2021).

PUPR-2.jpgAcara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Proyek KPBU Kegiatan Preservasi Jalintim Sumatera di Provinsi Riau di Auditorium Kementerian PUPR RI, Senin (12/4/2021)(Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

Turut Hadir mendampingi Menteri Basuki, Sekretaris Jenderal PUPR RI Mohammad Zainal Fatah, Inspektur Jenderal PUPR RI T. Iskandar, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Eko Djoeli Heripoerwanto, Staf Ahli Bidang Keterpaduan Achmad Gani Ghazaly, Staf Ahli Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja dan Kepala Biro Komunikasi Publik Krisno Yuwono.

Aapun lingkup pekerjaan proyek ini meliputi pemeliharaan Jalintim Sumatera di Provinsi Riau sepanjang 43 km, perbaikan empat jembatan sepanjang 60 m dan pembangunan satu unit Fasilitas Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB). Ruas jalan yang dipreservasi meliputi Jalan Simpang Kayu Ara (Pekanbaru) - Batas Kabupaten Pelalawan sepanjang 3,6 km, Jalan Batas Pelalawan - Sikijang Mati 9,1 km dan Jalan Sikijang Mati - Simpang Lago 30,3 km. 

Keempat buah jembatan yang direhabilitasi berada di Jalan Sikijang Mati - Simpang Lago yakni Jembatan Sei Kelapas 18 m, Jembatan Sei Kiap 18 m, Jembatan Kerinci Kecil 10 m dan Jembatan Kerinci Besar 14 m. Kegiatan ini memiliki masa konsesi 15 tahun yang terdiri dari 3 tahun masa konstruksi dan 12 tahun masa layanan dengan estimasi biaya investasi kegiatan adalah sebesar Rp 585,3 miliar. Preservasi dilaksanakan oleh  PT Adhi Jalintim Riau.

PUPR-3.jpgAcara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Proyek KPBU Kegiatan Preservasi Jalintim Sumatera di Provinsi Riau di Auditorium Kementerian PUPR RI, Senin (12/4/2021)(Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

Dikatakan Menteri Basuki pembangunan UPPKB sangat penting mengingat bila tidak ada kontrol beban yang melalui jalan tersebut maka ketahananya tidak akan sesuai dengan perencanaan. Untuk itu Menteri Basuki menekankan sangat penting mengoptimalkan keberadaan jembatan timbang di Jalintim Sumatera di Provinsi Riau tersebut.

Pemeliharaan Jalintim Sumatera di Provinsi Riau merupakan proyek KPBU non-tol kedua setelah proyek pemeliharaan Jalintim di Sumatera Selatan. 

Sebelumnya pada tanggal 29 Januari 2021, Kementerian PUPR RI telah menetapkan PT Adhi Karya sebagai pemenang lelang untuk proyek KPBU Preservasi Jalintim Sumatera di Provinsi Riau. Penyerahan Letter of Award telah dilakukan langsung oleh Menteri PUPR RI pada 22 Februari 2021 lalu bersamaan dengan  financial close proyek KPBU AP Jalintim Sumatera Selatan. Kemudian pada tanggal 4 Maret 2021 telah dibentuk Badan Usaha Pelaksana yaitu PT Adhi Jalintim Riau.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES