Peristiwa Daerah

Gubernur Jatim Khofifah Beri Bantuan Hunian Sementara untuk Cegah Klaster Covid

Selasa, 13 April 2021 - 20:10 | 22.25k
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Foto: dok/TIMES Indonesia)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Foto: dok/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengunjungi korban gempa bumi yang terjadi di Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang pada Senin (12/4/2021). Ia meninjau langsung bagaimana kondisi di desa pasca gempa sekaligus ikut menyalurkan bantuan kepada para korban. 

Bantuan yang diberikan oleh pemerintah selain makanan, juga berupa hunian sementara dalam bentuk uang sebesar Rp. 500 ribu per bulan untuk nantinya digunakan untuk menyewa rumah sebagai tempat tinggal sementara sampai proses rekonstruksi selesai. Tujuan dari pemberian bantuan ini ialah untuk menekan laju penyebaran virus covid-19 di tempat pengungsian.

“Bantuan dari pemerintah diberikan karena dikhawatirkan jika masyarakat berkumpul dalam satu tempat pengungsian akan meningkatkan potensi penyebaran Covid-19”, ujar Khofifah. 

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, total kerusakan rumah ada 1325, 521 diantaranya rusak ringan, 514 rusak sedang dan 29 rusak berat. Bantuan dalam bentuk uang ini diperuntukkan bagi warga yang rumahnya mengalami kerusakan sedang sampai berat. 

Selain bantuan, kunjungan Gubernur Jawa Timur ditujukan untuk monitoring pelayanan pasca bencana gempa. Dalam kesempatan itu, Khofifah juga menyampaikan terima kasih kepada para relawan semua yang telah membantu dalam penanganan korban. Serta mengapresiasi sinergitas antara TNI, Polri dan pemerintah daerah yang telah melakukan penanganan tanggap bencana maupun pascabencana.

"Proses tanggap darurat harus diikuti oleh percepatan. Diharapkan proses rekonstruksi segera dilakukan sesuai harapan dari Pak Presiden itu dua bulan sudah selesai," tambah Gubernur Jatim Khofifah.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES