Peristiwa Nasional TIMES Ramadan

MUI: Puasa Ramadan Momentum Terbaik Memutus Mata Rantai Covid-19

Selasa, 13 April 2021 - 19:49 | 37.22k
Ketua Bidang Fatwa MUI Asrorun Ni'am Sholeh. (Foto: Dok. BNPB).
Ketua Bidang Fatwa MUI Asrorun Ni'am Sholeh. (Foto: Dok. BNPB).
FOKUS

TIMES Ramadan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Ni'am Sholeh mengatakan puasa di bulan Ramadan menjadi momentum terbaik untuk mengokohkan ikhtiar memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Puasa Ramadan bukan halangan untuk melakukan kegiatan vaksinasi, tidak menjadi halangan untuk tes usap, dan tidak menjadi halangan untuk menegakkan protokol kesehatan," ujarnya dalam diskusi virtual, Selasa (13/4/2021).

Dikatakan, puasa di bulan Ramadan seharusnya menjadi momentum untuk terus melakukan langkah-langkah untuk memutus penyebaran Covid-19.

"Puasa Ramadan itu menjadi momentum terbaik untuk mengokohkan ikhtiar memutus mata rantai Covid-19 dengan ikhtiar lahiriah dan batiniah," tambahnya.

Dia mengatakan kegiatan ibadah di bulan Ramadhan penting tetap dilaksanakan, tapi dilakukan disertai tanggung jawab penegakan protokol kesehatan.

Puasa Ramadan tetap berjalan sambil terus melakukan kegiatan untuk kepentingan pencegahan Covid-19 dengan cara deteksi melalui tes seperti antigen dan dengan cara vaksinasi. MUI juga sudah mengeluarkan fatwa bahwa melakukan vaksinasi serta tes rapid tidak akan membatalkan puasa selama bulan Ramadan.

"Maka vaksinasi sebagai salah satu ikhtiar untuk kepentingan memutus mata rantai Covid-19 dengan mewujudkan herd immunity di tengah masyarakat, itu bukan hanya soal tanggung jawab kita sebagai warga negara tetapi juga tanggung jawab sebagai umat beragama," ucapnya.

Ketua Bidang Fatwa MUI ini lantas menegaskan, puasa di bulan Ramadan menjadi momentum terbaik untuk mengokohkan ikkhtiar memutus mata rantai penularan Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES