Gaya Hidup

Agar Tetap Produktif, Ini 5 Tips Menjaga Stamina Saat Puasa Ramadan

Rabu, 14 April 2021 - 01:01 | 63.11k
Ilustrasi. (Foto: The Lazy Artist Gallery/Pexels)
Ilustrasi. (Foto: The Lazy Artist Gallery/Pexels)

TIMESINDONESIA, JAKARTARamadan telah tiba, tentu di Indonesia sendiri banyak yang melakukan puasa sebagai kewajiban. Nyatanya ketika berpuasa tubuh kita pasti mengalami banyak perubahan dan penyesuaian, seperti contohnya jam makan, jam tidur, hingga aktivitas sehari-hari kita.

Berbicara tentang aktivitias sehari-hari, tentu saja tidak dapat dipungkiri lagi bahwa ketika puasa aktivitas sehari-hari kita terjadi penurunan dari hari biasa mengingat stamina kita yang turun dan menyebabkan tubuh kita menjadi lemas.

Untuk menjaga tubuh kita tetap segar agar bisa produktif, kita harus tahu bagaimana cara menjaga stamina saat berpuasa.

Melansir dari klikdokter berikut adalah 5 tips untuk menjaga stamina saat berpuasa: 

1. Mengatur waktu tidur

Kenyataanya ketika anda berpuasa maka Anda akan bangun lebih awal untuk sahur, dari sini dapat diambil kesimpulan kemungkinan anda kurang porsi waktu tidur. Hal ini dapat menyebabkan tubuh Anda berasa lebih lemas saat beraktivitas.

Untuk mengatasi hal ini maka anda butuh menerapkan tidur lebih awal daripada biasanya, dengan total porsi tidur sekitar 6 - 8 jam per hari.

2. Minum yang cukup

Tubuh kita 80 persen terdiri dari cairan, ketika kita melakukan puasa kita juga sering lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Sehingga kita tubuh kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, hal inilah yang menyebabkan stamina kita menurun.

Untuk mengatasi hal ini kita harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh kita, oleh sebab itu pastikan kalian setiap harinya untuk mengonsumsi air putih minimal delapan gelas dalam sehari.

3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Tubuh kita membutuhkan asupan sayur dan buah ketika buka dan sahur. Karena buah dan sayur sendiri mengandung kadar air yang tinggi dan juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi, hal ini dapat  memelihara stamina kita.

4. Konsumsi multivitamin

Sudah tidak dapat diragukan lagi bahwa multivitamin menjadi pilihan bagi anda ketika ingin menjaga stamina saat berpuasa.

Pada kenyataannya konsumsi multivitamin secara rutin dapat menyebabkan tubuh terhindar dari penyakit, membuat tubuh kita lebih segar, bahkan dapat beraktivitas secara baik.

5. Jangan lupa sahur

Sahur saat berpuasa sendiri memiliki peranan yang sangat penting, karena pada saat berpuasa waktu kita untuk mengisi tubuh kita dengan makanan sebelum berkativitas hanya saat sahur. Jika kalian tidak sahur maka tubuh akan kekurangan asupan nutrisi dan yang terjadi tubuh kita menjadi lemas saat berkativitas.

Memang ketika saat berpuasa menjaga stamina tetap dalam kondisi prima agar kita bisa produktif seperti biasanya adalah hal yang bisa dibilang susah. Namun jika kita bisa menjaga stamina ketika puasa selama Ramadan, maka kita dapat memaksimalkan aktivitas keseharian kita. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES