Kuliner

Lima Minuman Berbuka Puasa yang Menyegarkan dan Bervitamin

Selasa, 13 April 2021 - 14:49 | 30.16k
Es serut khas Korea yang disebut Korean Bingsu ( https: pin.it)
Es serut khas Korea yang disebut Korean Bingsu ( https: pin.it)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Umat muslim sekarang sedang menjalankan ibadah wajib yaitu puasa Ramadhan.  Beberapa minuman yang laris manis diserbu untuk takjil biasanya terbuat dari potongan buah dan berasa manis.

Beberap minuman ini merupakan penghilang dahaga saat berbuka puasa, bukan hanya menyegarkan tetapi harus juga memperhatikan gizi dan vitamin yang terkandung dalam minuman yang dikonsumsi. Ini lah 5 minuman menyegarkan dan bernutrisi untuk tubuh.

1. Es kelapa muda

Minuman ini adalah salah satu minuman terpopuler untuk berbuka puasa, karena rasanya manis serta bernutrisi untuk kebutuhan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh setelah seharian berpuasa.

Beberapa vitamin yang terkadung di dalam air kelapa yaitu vitamin c, folat,riboflavin,tiamin dan vitamin B-6. Air tersebut juga mengandung kalsium,zat besi,magnesium dan fosfor.

2. Es buah

Minuman ini biasa disebut koktail. Hidangan biasa disajikan untuk makanan penutup dengan terbuat dari beberapa buah yang dipotong dadu seperti melon, semangka,nanas,pepaya dan agar-agar yang dicampur dengan es dan kental manis.

Setiap buah memiliki vitamin yang baik untuk tubuh karena buah memiliki vitamin C. Salah satunya buah semangka mengandung vitamin A, B6 dan K serta memiliki senyawa zat besi dan sodium.

3. Es bubur ketan

Hidangan tersebut merupakan makanan penutup, dengan cita rasa manis yang terbuat dari beras ketan yang direbus dengan air berlebih hingga melunak.

Minuman ini disajikan dengan santan dan diberi sedikit potongan es. Ketan hitam mengandung zat besi,protein, karbohidrat,serat dan vitamin E. Mengkonsumsi Es bubur ketan hitam dapat mengganti cairan tubuh yang hilang setelah satu hari berpuasa.

4. Es Manado

Minuman segar ini terbuat dari kelapa serut,potongan alpukat, jus sirsak, potongan buah nangka, nata decoco dan biji selasi yang dicampur dengan sirup gula dan susu kental manis.

Ciri khas dari hidangan ini adalah terbuat dari jus sirsak yang asam dan memberikan tekstur yang unik saat diminum, buah sirsak mempunyai beberapa kandungan vitamin yaitu karbohidrat,serat,protein,vitamin C, vitamin B,kalium dan magnesium.

5. Es serut Korea

Hidangan yang populer karena drama Korea ini biasa disebut korean bingso. Minuman ini juga baik dikonsumsi untuk berbuka puasa. Karena terbuat dari susu yang dibekukan dan beberapa potongan strawberry,melon maupun pisang ada juga yang menyukai ditambahkan kacang merah dan diberi susu kental manis sebagai topping.

Beberapa kandungan susu dan dicampur potongan buah, memberikan sensasi menyegarkan dan mencukupi beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Itulah daftar minuman segar saat berbuka puasa di bulan Ramadan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES