Gaya Hidup

Tak Hanya Kurma, Enam Buah Ini Juga Mampu Jaga Stamina Saat Puasa 

Selasa, 13 April 2021 - 11:52 | 57.35k
Buah-buahan segar. (foto: viance.com)
Buah-buahan segar. (foto: viance.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAJaga stamina tubuh saat puasa tentunya dipengaruhi oleh asupan makanan dengan gizi seimbang, mencakup daging (protein) sayur dan buah (serat). Kurma, salah satu buah yang sangat dianjurkan dikonsumsi saat puasa. Namun selain kurma, ada enam buah yang juga baik untuk menjaga stamina saat puasa. 

Buah apa sajakah itu? 

1. Pisang

buah b

Pisang mengandung vitamin A, B1, B2 dan C yang dapat meredakan asam lambung. Buah berwarna kuning ini pun mampu membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Tak itu saja, buah ini juga baik bagi penderita maag. Sebab daging buah pisang yang lembut dapat melapisi dinding lambung. 

2. Apel

buah c

Apel dapat mengatasi masalah nafsu makan yang terlalu besar saat berbuka puasa. Buah dengan rasa segar ini juga dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Apel kaya akan vitamin A, B dan C yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan nutrisi pada tubuh. Kandungan air dalam buah apel juga dapat menjaga tubuh dari dehidrasi. 

3. Blewah

buah d

Es blewah menjadi sajian wajib saat berbuka ya. Blewah sendiri mengandung vitamin A dan C yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Mengonsumsi blewah juga mampu mengatasi rasa mual akibat asam lambung. Blewah menyerap zat-zat yang tidak diperlukan dari makanan berbumbu, endapan obat-obatan.

4. Pepaya

buah e

Buah pepaya sangat baik dikonsumsi saat berbuka maupun sahur. Tak hanya menjaga daya tahan tubuh, pepaya juga baik untuk pencernaan. Sama seperti belwah, pepaya juga mampu mengurangi rasa mual saat pertama kali berbuka puasa.

5. Alpukat

buah f

Alpukat berfungsi untuk menyerap nutrisi yang dihasilkan untuk tubuh. Tidak hanya itu, alpukat juga mengandung zat besi, vitamin B, lemak serta minyak yang bisa menjadi sumber energi jika dikonsumsi saat sahur. 

6. Kelapa

buah g

Segar sekali minum es kelapa muda saat berbuka. Air kelapa muda mengandung isotonik yang mengganti cairan tubuh yang hilang, sehingga tubuh dapat kembali bugar. Tidak hanya itu, air kelapa juga mampu mengobati perih lambung akibat meningkatnya asam lambung saat berpuasa. Air kelapa juga bisa menurunkan kadar kolesterol. 

Maka disarankan penderita darah tinggi dan diabetes meminum air kelapa saat berbuka puasa karena dapat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Yuk jaga stamina selama puasa dengan mengonsumsi buah tersebut. Agar puasa Ramadan berjalan lancar hingga lebaran tiba. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES