Kopi TIMES

Ngopi Pagi: Kemuliaan Ramadhan

Selasa, 13 April 2021 - 06:24 | 39.80k
Noor Shodiq Askandar
Noor Shodiq Askandar

TIMESINDONESIA, MALANG – Hari ini hampir seluruh ummat muslim di dunia ini lagi menjalankan ibadah puasa sahabat ngopi pagi. Tepatnya semua lagi menjalankan kewajiban ibadah puasa Ramadhan, sebagaimana telah ditegaskan kewajibannya oleh Allah swt pada sebuat ayat dalam Al Qur’an. Semua ummat Islam yang telah aqil baligh diwajibkan puasa penuh selama satu bulan. Jika ada udzur sehingga tidak berpuasa, maka wajib menggantinya pada hari yang lain atau dengan membayar denda bagi yang sudah benar benar tidak mampu menjalaninya.

Di bulan Ramadhan yang mulia ini disamping diwajibkan berpuasa, ummat Islam juga disunnahkan untuk melakukan banyak hal baik yang bermanfaat. Bahkan Allah swt menjanjikan setiap amal baik yang dilakukan, akan diberikan balasan kebaikan yang berlipat. Inilah kemuliaan bulan Ramadhan yang sebagian tidak ada pada bulan bulan yang lain, sehingga ummat muslim selalu menunggu dan berharap bisa bertemu dengan Ramadhan.

Ummat muslim yang baik akan selalu berlomba lomba untuk memanfaatkan bulan Ramadhan dengan seoptimal mungkin. Disamping puasa yang bersifat wajib, ummat Islampun meningkatkan waktu untuk membaca dan mempelajari Al qur’an, meningkatkan amal ibadah sunnah, memperbanyak sedekah, membantu meringankan beban sesama, dan masih banyak amal baik lainnya.

Pendek kata, kemuliaan Ramadhan telah banyak merubah pola hidup ummat manusia karena keutamaannya tersebut. Kalau dulu jarang sholat berjamaah, kini menjadi lebih bersemangat ke masjid dan sholat bersama sama. Yang sebelumnya jarang dan malas baca Al Qur’an, kini menjadi lebih suka tadarusan (membaca dan mempelajari Al Qur’an secara Bersama sama). Amal sedekah juga semakin bertambah, meski sebelumnya sangat sulit untuk bersedekah kepada orang lain. Masjidpun menjadi lebih berwarna dengan banyak aktivitas yang diarahkan untuk lebih mendekatkan hubungan kepada Allah swt dan  antar sesama ummat manusia.

Begitulah, melalui Ramadhan telah dapat merubah sebagian perilaku dan sikap ummat manusia menjadi lebih baik. Tentu kita semua berharap perubahan ini tidak hanya bersifat sementara. Akan tetapi bisa berjangka panjang menjadi sebuah budaya. Dengan demikian, akan terasa ada yang kurang jika tidak lagi dijalankan. Bagaimana dengan sahabat ngopi pagi semua ???. (*)

***

*) Penulis Noor Shodiq Askandar adalah Ketua PW LP Maarif NU Jatim dan Wakil Rektor 2 Unisma.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

_______
**) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES