Gaya Hidup

Menulis Tangan Lebih Meningkatkan Aktivitas Otak daripada Memo Elektronik

Selasa, 13 April 2021 - 04:21 | 47.12k
Ilustrasi. (FOTO:Japan Today)
Ilustrasi. (FOTO:Japan Today)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perangkat elektronik memang bisa  melakukan banyak hal untuk kita saat ini. Termasuk mengatur jadwal, membuat catatan, dan bahkan bertemu dengan sekelompok virtual. Tetapi tahukah anda bahwa menulis sesuatu secara fisik ternyata lebih baik pada akhirnya?

Dilansir Japan Today, University of Tokyo dan NTT Data Institute of Management Consulting, Jepang menerbitkan sebuah penelitian bulan lalu yang mengatakan bahwa tulisan tangan sebenarnya meningkatkan aktivitas otak lebih dari yang Anda lakukan jika anda menggunakan smartphone atau tablet.

Dalam percobaan tersebut, para peneliti membagi 48 peserta antara usia 18 dan 29 menjadi tiga kelompok, satu untuk catatan tulisan tangan, satu untuk smartphone, dan satu lagi untuk tablet.

Kepada mereka kemudian diminta untuk menuliskan rencana dua bulan ke depan berdasarkan teks sampel. Mereka kemudian ditanyai tentang apa yang mereka tulis satu jam setelah latihan, sementara peneliti mengukur aktivitas otak mereka melalui MRI fungsional.

Hasilnya, dalam studi tersebut ditemukan bahwa meskipun tidak banyak perbedaan dalam jumlah jawaban benar yang diberikan masing-masing dari tiga kelompok, otak kelompok tulisan tangan menunjukkan lebih banyak aktivitas di area otak yang memproses ingatan dan bahasa.

Lektor Kepala, Kuniyoshi Sakai, yang berpartisipasi dalam penelitian ini, mengklaim dalam hal ini karena otak lebih mengingat sensasi dan lokasi di mana anda secara fisik menulis surat di selembar kertas.

Jadi, meskipun perangkat elektronik seperti smartphone dan tablet membutuhkan lebih sedikit ruang dan bagus untuk mencari sesuatu, Sakai berpendapat bahwa tulisan tangan bisa lebih baik untuk latihan berpikir atau berbasis kreativitas.

Netizen Jepang kemudian terpesona dengan penelitian tersebut dan menawarkan pemikiran mereka sendiri tentang tulisan tangan versus mengetik.

"Aku tahu itu! Saya selalu merasa lebih mudah untuk memilah pikiran saya saat menulis dengan tangan. Alat seperti Pensil Apple sangat bagus karena tidak memerlukan kertas, tetapi saya tidak ingin hanya tertarik dengan kenyamanannya. Saya ingin tetap fleksibel," kata nitizen.

“Aku merasa agak malu membawa-bawa kertas agenda, tapi berita ini membuatku sangat bahagia! Saya sebenarnya suka menulis," ujarnya kemudian.

"Tapi menurutku elektronik punya lebih banyak kelebihan. Tapi smartphone juga memiliki konversi kanji," kata mereka.

Seperti yang dikatakan netizen terakhir, Anda harus banyak berlatih menulis untuk mengingat ribuan karakter kanji Jepang, tetapi jika anda memiliki smartphone atau tablet, perangkat akan mengubah tulisan anda dari hiragana fonetik menjadi kanji yang rumit dengan sedikit usaha dari anda sendiri.

Mungkin kemudahan seperti inilah yang mendorong Daerah Shibuya, Jepang untuk memberikan setiap siswa SD dan SMP sebuah tablet. Tapi kami punya perasaan, meski begitu, guru tetap akan meminta anak-anak untuk berlatih menulis kanji dengan tangan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES