Wisata

Empat Fakta Unik Gelaran Festival Harmoni Lombok Barat 2021, Apa Saja?

Senin, 12 April 2021 - 19:00 | 52.64k
Kawasan wisata Senggigi menjadi salah satu venue penyelenggaraan Festival Harmoni Lombok Barat 2021.(FOTO: Dispar Lombok Barat)
Kawasan wisata Senggigi menjadi salah satu venue penyelenggaraan Festival Harmoni Lombok Barat 2021.(FOTO: Dispar Lombok Barat)

TIMESINDONESIA, LOMBOK BARAT – Pandemi Covid-19 masih membayangi kehidupan masyarakat di Kabupaten Lombok Barat. Meski demikian, kondisi ini bukan menjadi halangan bagi Dinas Pariwisata atau Dispar Lombok Barat untuk menggelar Festival Harmoni Lombok Barat 2021.

Gelaran Festival Harmoni Lombok Barat 2021 bertujuan untuk mengenalkan kepada wisatawan terkait potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB. Kegiatan wisata ini berlangsung pada 27 Maret, kemudian berlanjut pada 3 April dan puncaknya pada 10 April 2021.

Dalam penyelenggaraan Festival Harmoni Lombok Barat 2021, TIMES Indonesia telah merangkum 4 fakta unik yang didapatkan dalam kegiatan wisata ini. Di antaranya sebagai berikut:

1. Penonton Dibatasi

Penyelenggaraan Festival Harmoni Lombok Barat 2021 diperketat akibat merebaknya Covid-19 atau virus Corona. Biasanya, banyak penonton yang menghadiri setiap pertunjukan atau festival. Namun, kali ini kesempatan itu dibatasi.

Untuk mencegah kerumunan, kegiatan offline dibatasi dan beralih ke kegiatan yang berbasis online atau live streaming melalui kanal Youtube Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat.

Festival-Harmoni-Lombok-2.jpgPertunjukan Tari Api yang tampil memukau dalam Festival Harmoni Lombok Barat 2021. (FOTO: Dispar Lombok Barat)

2. Venue Berbeda

Dispar Lombok Barat menyiapkan dua venue untuk gelaran Festival Harmoni Lombok Barat 2021. Lokasinya berada di kawasan Kecamatan Narmada dan kawasan wisata Senggigi.

Pemilihan venue atau lokasi ini tak lain untuk memperkenalkan destinasi wisata yang ada di kedua daerah tersebut.

3. Melibatkan Industri Perhotelan

Kesuksesan gelaran Festival Harmoni Lombok Barat 2021 tidak terlepas dari campur tangan pelaku pariwisata dalam hal ini industri perhotelan yang ada di Kabupaten Lombok Barat.

Dalam kegiatan wisata ini, ada dua hotel di kawasan wisata Senggigi yang menjadi tempat penyelenggaraan Harmoni Lombok Barat, yakni Holiday Resort Lombok dan The Jayakarta Resort.

Penyelenggaraan Harmoni Lombok Barat di Holiday Resort Lombok, pada 3 April 2021 menampilkan pertunjukan musik. Mulai dari musik tradisional hingga musik orchestra.

Sedangkan pada 10 April 2021, di The Jayakarta Resort, gelaran kegiatan wisata ini menampilkan tarian tradisional hingga atraksi tarian modern dengan melibatkan puluhan seniman tari yang ada di Kabupaten Lombok Barat.

Festival-Harmoni-Lombok.jpgPenampilan Lobar Paradise Orchestra di pagelaran Festival Harmoni Lombok Barat 2021. (FOTO: Dispar Lombok Barat)

4. Seniman Muda

Gelaran Festival Harmoni Lombok Barat 2021 menjadi momentum sejumlah seniman muda di wilayah Lombok Barat untuk unjuk gigi. Pasalnya, mulai dari musisi hingga penari yang terlibat di Festival Harmoni Lombok Barat, 80 persen di antaranya adalah seniman muda.

Festival Harmoni Lombok Barat 2021 persembahan Dispar Lombok Barat ini diharapkan dapat memberikan wadah untuk menumbuhkembangkan seni budaya para seniman muda di Kabupaten Lombok Barat. Dengan begitu, kehidupan kesenian akan mampu menunjang kesejahteraan masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES