Politik

Survei SSC: Khofifah Rajai Top of Mind dan Elektabilitas Calon Gubernur Jatim 2024

Senin, 12 April 2021 - 16:09 | 34.85k
Rilis survey SSC Gelagat Politik Milenial Jawa Timur di Hotel Narita, Surabaya, Senin (12/4/2021).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Rilis survey SSC Gelagat Politik Milenial Jawa Timur di Hotel Narita, Surabaya, Senin (12/4/2021).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa merajai top of mind pilihan milenial sebagai Calon Gubernur Jatim 2024 mendatang. 

Hal tersebut terungkap dalam hasil survei Surabaya Survey Center (SSC) Gelagat Politik Milenial Jawa Timur di Hotel Narita, Surabaya, Senin (12/4/2021). 

Kendati masa jabatan pasangan Khofifah-Emil Dardak baru berakhir pada 2023 mendatang, beberapa nama sudah santer disebut sebagai favorit untuk Calon Gubernur di Pilgub mendatang. 

Peneliti senior SSC Surokim Abdussalam mengungkapkan jika Gubernur Jatim Khofifah, Menteri Sosial Risma, dan Wagub sekaligus Plt Ketua Demokrat Jatim Emil Dardak menjadi 3 nama yang memuncaki hasil survei. Baik survei top of mind maupun elektabilitas.

"Untuk top of mind, Khofifah berada di puncak klasemen dengan 16.2 persen. Kemudian disusul oleh Risma dan Emil dengan masing-masing 15.5 persen dan 5.2 persen. Sementara, nama-nama lain seperti Gus Ipul dan Mbak Puti serta Azwar Anas  perolehannya tidak sampai 5 persen," papar Rokim.

Sedangkan untuk elektabilitas, Khofifah dominan dengan 26.8 persen. Diikuti Risma dengan 21.8 persen lalu Emil dengan 5.8 persen. Nama-nama lain seperti Gus Ipul, Puti, hingga Azwar Anas perolehannya tidak sampai 5 persen.

Dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura ini menambahkan, meski demikian, ceruk di kalangan millenial masih sangat terbuka lebar bagi seluruh nama yang beredar di bursa Cagub. Karena di survei top of mind masih ada 55.3 persen yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

"Sementara, di survei elektabilitas, 33.8 persen masih menjawab tidak tahu atau tidak menjawab. Dengan jumlah sebanyak ini, yang bisa merangkul mereka bisa menyalip di tikungan akhir mengingat jumlah demografi millennials di Jawa Timur,” tandas Rokim.

Sebagai informasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari 5-25 Maret 2021 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. 1070 responden dipilih menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Penentuan responden dalam survei calon Gubernur Jatim 2024 dari kalangan millennials dalam setiap KK dilakukan dengan bantuan kish grid. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES