Peristiwa Daerah

Milenial Jatim Tak Puas Kinerja Pemerintah Pusat, Tapi Puas Kinerja Khofifah

Senin, 12 April 2021 - 16:17 | 40.41k
Peneliti Senior Ikhsan Rosidi memaparkan hasil survey SSC bertajuk Gelagat Politik Milenial di Hotel Narita Surabaya, Senin (12/4/2021). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Peneliti Senior Ikhsan Rosidi memaparkan hasil survey SSC bertajuk Gelagat Politik Milenial di Hotel Narita Surabaya, Senin (12/4/2021). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Kalangan milenial mengaku bahwa mereka tidak puas dengan kinerja pemerintah pusat dalam menangani pandemi Covid-19. Namun mereka punya pandangan berbeda terhadap kinerja Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Hal itu terungkap melalui rilis hasil survei yang dilakukan oleh Surabaya survei Center (SSC) di Hotel Narita Surabaya, Senin (12/4/2021). 

"48.5 persen responden mengaku jika mereka tidak puas dengan kinerja pemerintah dalam menghadapi Covid-19. Lalu, 40.6 persen mengaku puas. 10.9 persen sisanya tidak tahu dan tidak menjawab," papar peneliti senior SSC, Ikhsan Rosidi. 

Berbanding terbalik, kelompok yang masuk dalam kategori pemuda ini menurut Ikhsan justru  merasa puas dengan kinerja Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam menghadapi pandemi Covid-19. 

"46.1 persen menyatakan puas, 42.9 puas, dan 11 persen memilih tidak tahu atau tidak menjawab," paparnya.

Kepuasaan masyarakat kepada pemerintahan Provinsi Jawa Timur, dipandang Ikhsan memiliki korelasi dengan kebijakan-kebijakan yang diambil oleh jajaran Khofifah dan Emil Dardak. 

"Seperti menjaga ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, lalu terkait testing dan tracing, hingga dalam pemulihan ekonomi," tandasnya.

Kendati tak puas kinerja pemerintah pusat, namun kelompok milenial yang seringkali dianggap apolitis ternyata juga memiliki perhatian terkait kinerja personalitas Jokowi-Ma’ruf Amin. 

Ikhsan Rosidi mengungkapkan, dari survei yang mereka lakukan, mayoritas responden mengaku puas dengan kinerja Presiden Jokowi. 

Meski menganggap kinerja pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 tidak terlalu berhasil, namun milenial yang cenderung puas kinerja Jokowi sebanyak 65 persen, 24.4 persen kurang puas, dan 5.4 persen tidak puas, serta 4.9 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

"Ini paradoks dan menarik untuk didalami. Mungkin responden bisa tertarik karena profilnya atau sosoknya," tambah Ikhsan. 

Lantas, bagaimana dengan kinerja Wapres Ma’ruf Amin? "49.2 persen mengaku puas, 24.6 persen kurang puas, 13.7 persen tidak puas, 12.5 persen tidak tahu atau tidak menjawab," urai Ikhsan.

Perolehan Presiden Jokowi yang lebih tinggi dibandingkan Wapres Ma’ruf Amin dipandang Ikhsan sebagai hal yang wajar. 

"Karena memang Presiden Jokowi lebih sering muncul. Tapi di sisi lain, perolehan Ma’ruf Amin yang cukup tinggi di kelompok milenial ini merupakan sinyal bahwa sosoknya juga telah diterima dengan baik oleh kalangan kelompok usia pemuda ini," tambah Ikhsan.

Sementara di Jawa Timur sendiri, 46.1 persen milenial puas atas kinerja pemerintah Provinsi Jatim dalam menangani Covid-19. Sedangkan kepuasan milenial atas Gubernur Jatim Khofifah cukup tinggi mencapai 61.6 persen. 

"Kepuasan milenial 61,6 persen puas terhadap Kinerja Gubernur Khofifah. Meskipun kepuasan terhadap Kinerja Pemprov Jatim 46,1 persen. Sehingga ini konsisten dari awal tadi lebih pada sosoknya," beber Ikhsan. 

Sebagai informasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari 5-25 Maret 2021 di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. 1070 responden dipilih menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Penentuan responden survei terhadap kinerja pemerintah dan juga Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dari kalangan millennials dalam setiap KK dilakukan dengan bantuan kish grid. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES