Politik

Survei SSC: PKB Melejit! Jadi Partai Politik Paling Religius Pilihan Milenial Jatim

Senin, 12 April 2021 - 16:12 | 146.35k
Direktur Riset SSC Edy Marzuki, Senin (12/4/2021). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Direktur Riset SSC Edy Marzuki, Senin (12/4/2021). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Dari hasil riset yang dilakukan oleh Surabaya Survey Center (SSC) dengan responden kalangan milenial, ditemukan fakta bahwa PDI Perjuangan jadi partai politik yang paling nasionalis dan PKB merupakan partai politik paling religius.

"PDIP menjadi partai paling nasionalis dengan perolehan 27,2 persen. Diikuti oleh Gerindra dan Golkar dengan 8,2 persen serta 7,9 persen,” papar Direktur Riset SSC Edy Marzuki, Senin (12/4/2021).

“Sebenarnya, apa yang dicapai oleh 3 partai di atas tidaklah mengejutkan. Ketiganya memang selalu mencitrakan diri sebagai partai nasionalis. Ini terbukti jika citra yang mereka tunjukkan berhasil diterima. Paling tidak begitu fakta yang ditangkap oleh kalangan millennials,” tambahnya.

Terkait hasil survei partai yang paling religius, pria yang juga dosen di Universitas Yudharta Pasuruan ini menyebut jika perolehan PKB melejit dengan capaian 42,8 persen.

“Baru diikuti oleh PKS, PAN, dan PP yang perolehannya sama-sama di angka sekitar 4 persen,” papar Edy.

Ia menambahkan, bahwa apa yang dicapai PKB ini sedikit boleh dibilang mengejutkan.

"Pasalnya, akhir-akhir ini mereka mencitrakan diri pula sebagai partai yang nasionalis. Tapi di sisi lain tidak dapat dipungkiri jika konstituen dan para pengurus PKB mayoritas lebih merupakan ulama dan kader dari NU,” beber Edy.

Sebagai informasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 5-25 Maret 2021 di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. 1070 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dari kalangan millennials dalam setiap KK dilakukan dengan bantuan kish grid. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES