Indonesia Positif Universitas Islam Malang

FEB Unisma Malang Kupas Tuntas Personality Development Lulusan di Era 5.0

Senin, 12 April 2021 - 12:13 | 36.73k
Dekan FEB Unisma Malang Nur Diana, SE, M.Si memberikan sambutan pada kegiatan Studium General “Personal Development in Career Building”. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Dekan FEB Unisma Malang Nur Diana, SE, M.Si memberikan sambutan pada kegiatan Studium General “Personal Development in Career Building”. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma Malang menggelar Studium General yang bertajuk “Personal Development in Career Building“ Rabu (7/4/2021). 

Kegiatan ini untuk menjawab tantangan Era 5.0 yang menuntut Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, memiliki keunggulan kompetitif dan berdaya saing. Guna memenuhi kebutuhan tersebut dan mempersiapkan calon lulusan memasuki dunia kerja. 

Kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan softskill dannpersonality lulusan dalam menghadapi dunia kerja di era 5.0 ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pendidikan Etika Pengembangan Diri yang digelar selama 1 bulan.

Dalam sambutanya, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang, Nur Diana, SE, M.Si, mengatakan bahwa di era Society 5.0 membutuhkam sumberdaya manusia kompeten dan memiliki character 5.0 dimana tuntutan lingkungan bisnis dan  kebutuhan tenaga kerja akan terus berubah sehingga para alumni harus mampu melakukan adaptasi untuk memenuhi tuntutan tersebut  sehingga pengembangan diri lulusan  harus selalu dijadikan modal dalam memenuhi tuntutan di era saat ini dimana lulusan S1 saat ini tidak lagi perlu melakukan pekerjaan yang bersifat klerikal dan sifatnya berulang. Karena pekerjaan ini sudah tergantikan oleh robotic, artficial intellegence dan lain sebagainya.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

feb unisma

"Untuk pekerjaan pada level low sudah tergantikan robotic sehingga kebutuhan SDM meningkat untuk pekerjaan  pada level middle. Pada level inilah anda harus kompetensi apa yang harus disiapkan agar anda mampu bersaing dan menjadi SDM handal," jelas Diana.

Ia menambahkan kompetensi softskill harus diperkuat untuk meraih posisi pada level middle. "Karena kita dituntut untuk mampu melakukan analisis, decision making, negosiasi, dan kreatifitas," ungkapnya.

Untuk itulah Etika Pengembangan Diri digelar agar   para alumni akan selalu mampu beradaptasi sesuai kebutuhan era industri saat ini.

Untuk itu perlu adanya bekal kepada calon lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang dengan menggelar seminar yang mendatangkan  Dr. Umi Dayati, M.Si pakar pengembangan diri level Asia Tenggara  dimana pada kegiatan seminar ini calon lulusan dilatih dan diberikan materi berkaitan dengan persiapan memasuki dunia kerja seperti materi etika dan persiapan menghadapi wawancara kerja, cara membuat lamaran kerja, personal branding, public relation, self improvement, service excelent, strategi menghadapi tes pekerjaan, psychotest, dll. Dengan kegiatan ini kami harapkan akan memudahkan kesiapan lulusan kita dalam menghadapi persaingan di dunia kerja.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Seminar sehari ini menghadirkan narasumber dari Indonesia LED,  Dr. Umi Dayati, M.Si seorang psikolog dan motivator nasional  dan Risa Rahmawati S.Psi M.PSi (Psikolog) dalam paparanya sangat inspiratif  banyak memberikan masukan tentang  cara membangun kepribadian  yang baik, cara membangun personal branding, sikap dan strategi harus ditunjukkan saat menghadapi wawancara kerja, strategi sukses menjawab wawancara kerja, service excellent, etika busana kerja yang baik serta trik membangun karir di era pandemi.

Peserta tampak antusias dengan rangkaian acara yang digelar FEB Unisma Malang ini. Sedikitnya 200 orang hadir secara luring sedangkan 500 peserta secara daring via zoom dan channel youtube sebanyak 500 peserta. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES