Pendidikan

Persiapan dan Informasi Lengkap Seputar UTBK-SBMPTN 2021

Senin, 12 April 2021 - 12:46 | 46.49k
Ilustrasi - UTBK SBMPTN (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Ilustrasi - UTBK SBMPTN (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer-seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (UTBK-SBMPTN) 2021 Gelombang pertama, akan mulai dilaksanakan pada 12 hingga 18 April 2020. Seluruh peserta ujian diharapkan telah membersiapkan diri dengan baik untuk mendapatkan hasil yang terbaik. 

Seperti yang diketahui, UTBK-SBMPTN 2021 dilaksanakan dalam 4 tahap. Mulai dari gelombang pertama, dilaksanakan 12-18 April. Adapun UTBK Gelombang ke II akan dilaksanakan pada 26 April-30 April 2021 serta 1-4 Mei 2021. Sementara pada Gelombang ke II ada penambahan waktu yakni 3-4 Mei untuk UTBK di UI, UNJ, UPN Veteran Jakarta dan UNSULBAR. 

Menurut informasi dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui akun media sosialnya, @ltmpt.official. Ada 4 hal yang harus dilakukan setelah tiba di Pusat UTBK.

Pertama, Segera menuju ke Gedung atau ruang lokasi ujian. Setiap Pusat UTBK PTN menyediakan ruang transit atau ruang tunggu untuk peserta UTBK. Ruang tunggu peserta UTBK nantinya menerapkan jaga jarak 1 meter. 

Kedua, Pengantar dilarang mengantar sampai ruang transit UTBK-SBMPTN 2021.Jika peserta UTBK diantar, maka pastikan pengantar untuk turun di area drop zone terdekat dengan lokasi ujian. 

Ikuti prosedur pemeriksaan kesehatan UTBK-SBMPTN 2021. Setiap universitas memiliki prosedur pemeriksaan kesehatan, sehingga pastikan melakukan upaya pencegahan Covid-19 sebagaimana yang diinstruksikan Panitia Pusat UTBK PTN. Upaya tersebut diantaranya memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. 

Silakan menuju ruang ujian dengan tertib Saat menuju ruang ujian lakukan dengan tertib dan menjaga protokol kesehatan. Jangan masuk ruang ujian jika belum diinstruksikan oleh pengawas ruang UTBK-SBMPTN 2021. 

Persiapan  UTBK-SBMPTN 2021

Bagi para peserta yang akan mengikuti  UTBK-SBMPTN 2021, harus melakukan persiapan dengan matang, antara lain:

  1. Untuk melakukan ujian UTBK berikut ini sejumlah hal yang harus dipersiapkan: 
  2. Menjaga kesehatan dan disarankan stay at home. 
  3. Wajib mencari informasi lokasi ujian dan syarat mengikuti UTBK melalui laman PTN (Pusat UTBK pilihan). 
  4. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa Pusat UTBK yang tidak memperkenankan peserta untuk melakukan cek lokasi secara langsung. 
  5. Jika melihat lokasi gedung yang akan digunakan secara langsung pada H-1, tetap patuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu menggunakan masker dan menjaga jarak. 
  6. Buat perkiraan waktu tempuh dari rumah/penginapan/lokasi asal ke lokasi ujian. 

Tips melaksanakan UTBK

Berikut ini adalah tips melaksanakan UTBK, agar berjalan lancar: 

  1. Pastikan untuk sampai di lokasi ujian 45 menit sebelum sesi ujian dimulai dan jangan terlambat. 
  2. Berpakaian rapi dan sopan serta bersepatu. Sudah makan dan minum. 
  3. Pastikan menggunakan masker (wajib), face shield (dianjurkan), dan sarung tangan (jika diperlukan). 
  4. Untuk diketahui nantinya saat datang ke Pusat UTBK akan ada pengecekan suhu badan. 
  5. Jika suhu lebih dari 37,5 derajat celcius, maka peserta tak boleh mengikuti ujian dan akan diperiksa tim medis UTBK-SBMPTN 2021 di ruang khusus.(*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES