Gaya Hidup

Kontes Bonsai Regional Probolinggo, Bonsai Jawara Ditawar Rp 80 Juta

Senin, 12 April 2021 - 10:23 | 319.58k
Bonsai yang menjadi juara dalam kontes bonsai Probolinggo prospek regional yang digelar PPBI di Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)
Bonsai yang menjadi juara dalam kontes bonsai Probolinggo prospek regional yang digelar PPBI di Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOKontes bonsai tingkat lokal prospek regional Probolinggo, yang digelar PPBI (Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia) di Desa Sumberejo, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, diikuti ratusan tanaman bonsai.

Kontes dan pameran tersebut menghadirkan berbagai model tanaman bonsai seperti pohon serut, sisir, kimeng, bringin, jokiyanti, santigi legundi, jeruk hingga asem dipamerkan untuk merebut perhatian pengunjung dan juara.

Bonsai-yang-menjadi-juara-dalam-kontes-bonsai-Probolinggo-2.jpg

Yang menjadi jawara dalam kontes ini adalah bonsai jenis kayu santigi, milik Sugeng, warga Kota Probolinggo. Bonsai yang menjadi jawara ini tawaran tertinggi dengan harga Rp 80 juta.

“Dari 250 tanaman bonsai, jenis kayu santigi ini yang menjadi juaranya. Bonsainya sangat bagus, pentaan ranting sama sub ranting imbang,” kata Abdullah, selaku ketua penyelenggara kegiata pameran dan kontes bonsai tersebut, Senin (12/4/2021).

Pihak panitia kata Abdullah, sengaja menghadirkan juri dari luar, yakni Hamam Haris dari Jakarta dan Kuntoro dari Sidoarjo. Keduanya merupakan juri nasional PPBI.

Bonsai-yang-menjadi-juara-dalam-kontes-bonsai-Probolinggo-3.jpg

“Bonsai yang menang ini usia pohonnya sekitar 13 tahunan, dan telah dilakukan perawatan secara maksimal selama 6 tahunan,” jelasnya.

Kontes dan pameran bonsai ini digelar selama enam hari sejak tanggal 6-12 April 2021. Dari 250 pohon bonsai ini kata Abdullah, untuk yang prospek sebanyak 174 bonsai dan untuk yang regional sebanyak 76 bonsai.

“Selamat bagi yang telah menjadi juara dalam Kontes bonsai tingkat lokal Probolinggo prospek regional. Tetap semangat dan terus berkarya kepada PPBI,” ucap Abdullah. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES