Peristiwa Daerah

Gebrakan Program Dedy Mahendra,  Chairman Love of April Rotary Club of Surabaja

Senin, 12 April 2021 - 10:14 | 56.60k
Chairman Love of April Dedy Mahendra (Foto: Dok.TIMES Indonesia)
Chairman Love of April Dedy Mahendra (Foto: Dok.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYARotary Club of Surabaja mendaulat Rotarian Dedy Mahendra sebagai Chairman Love of April. Dedy dinilai memiliki beberapa pengalaman dalam perhelatan kegiatan skala lokal, nasional dan internasional. 

Sebagai catatan pada tahun 2014 ia berhasil dengan sebuah giat internasional Les Clefs d'Or dengan 200 partisipan dari seluruh dunia, induk dari organisasi ini berbasis di Perancis.

Acara yang digelar adalah rapat tahunan organisasi tersebut sekaligus membantu Hotel Ciputra World di Surabaya mendapatkan event internasional pertamanya. Juga pada Februari tahun 2020 lalu, bersama para komunitas di Jawa Timur menggelar event Hope for Love yang didedikasikan untuk Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI).

DOnor DarahGiat donor darah Love of April Rotary Club of Surabaja di Pendopo Royal Ningrat Heritage Hotel, Bangkalan, Madura. (Foto: Dok.Rotary Club of Surabaja)

Sebagai Chairman Love of April, Dedy membawa rombongan Rotary Club of Surabaja menyisir Bangkalan, Madura. Berbagai aksi sosial turut meramaikan. Mulai donor darah hingga pembagian sembako. 

Hal ini sesuai dengan visi misi Love April mengusung mandat edukasi kesehatan, kebajikan dan sosial diinisiasi oleh Rotary Club of Surabaja, sebuah klub filantropi yang berafiliasi dengan Rotary international. 

Acara donor darah dilaksanakan di Pendopo Royal Ningrat Heritage Hotel dengan benar-benar menjaga protokol kesehatan, sebab pendopo tersebut memiliki area terbuka yang cukup luas untuk 10 bed pendonor.

Agenda tersebut menggandeng tangan-tangan tokoh masyarakat setempat, Komunitas Milenial Peduli Indonesia (KOMPII), Basmalah English Course Arosbaya (BEC), para dermawan, Palang Merah Indonesia (PMI) Bangkalan dan juga warga masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyukseskan giat ini.

Dedy mengatakan, dengan membagikan motif cinta kasih kepada sesama ia menilai giat Love of April dapat dilaksanakan secara berkala tak hanya fokus pada kota-kota besar sehingga edukasi tentang pentingnya kepedulian pada sesama untuk berbagi hanya terkotak pada satu area. 

"Saya rasa giat serupa jika di Surabaya atau kota besar lainnya sudah menjamur, namun perlu diingat bahwasanya Indonesia itu sangat luas maka kami coba untuk edukasi tetangga terdekat di Jawa Timur terlebih dahulu yaitu di Bangkalan," ungkapnya, Senin (12/4/2021). 

Dia berharap dengan adanya Love of April di Bangkalan mampu memberikan edukasi kesehatan bagi kemaslahatan masyarakat Madura dan Bangkalan pada khususnya yang dimulai dari Surabaya ke Bangkalan, Jawa Timur untuk Indonesia.

Pelaksanaan Love of April di Bangkalan turut dihadiri oleh Presiden Rotary Club of Surabaja, dr. Theresia Novi, Calon Presiden Rotary Club of Surabaja Rio Antonio, Mantan Presiden Rotary Club of Surabaja Ronny H. Mustamu, Rotarian Feno Farcis, dr. Aziz dari PMI Bangkalan, Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan serta keluarga besar pemilik Royal Ningrat Heritage Hotel Bangkalan H. Koko Pamorhadi beserta Istri drg. Aulia Nauval.

"Sebagai wujud kepedulian kami terhadap kebutuhan stok darah pada bulan Ramadan, maka kami mendukung kegiatan kemanusiaan ini. Fasilitas dan seluruh staf hotel kami siap memberikan pelayanan terbaik demi terlaksananya Love of April untuk Bangkalan tercinta," kata H. Koko Pamorhadi pada saat membuka kegiatan ini. 

Love of April adalah milestone dari agenda kegiatan tahunan yang akan dilaksanakan Rotary Club of Surabaja yang sudah disusun untuk dilaksanakan pada masa jabatan Juli 2021 sampai dengan Juni 2022. 

"Ini sebuah prestasi bagi Rotary Club of Surabaja mampu melaksanakan donor darah di Bangkalan, data yang saya terima dari petugas di lapangan ada 65 kantong darah berhasil dikumpulkan dengan 15 orang peserta yang tidak lolos screening sehingga total hati yang tergerak untuk melakukan donor darah adalah 80 orang dan di Bangkalan itu adalah sebuah momen bersejarah," tandas dr. Aziz, Kepala PMI Bangkalan. 

Pada kesempatan tersebut, KRT. Y.A.D Mangunwijoyo seorang pengamat sosial dan budaya mengatakan, bahwa pemilihan Kabupaten Bangkalan untuk donor darah adalah sebuah legacy bagi Rotary Club of Surabaja sebab banyak stigma pada masyarakat luas tentang Madura yang perlu diluruskan. 

"Rotary hadir di sini sebagai saksi sejarah bahwasanya Madura adalah pulau yang bersahabat, bertoleransi, beradab, memiliki jiwa sosial dan kelestarian budayanya sangat terjaga," ungkapnya. 

Dalam kesempatan ini H. Koko Pamorhadi sebagai tuan rumah juga mengajak para Rotarian untuk tur singkat ke Makam Aermata sebagai destinasi wisata sejarah Bangsa Indonesia.

Love of April juga mendapatkan dukungan para dermawan yang patut diapresiasi dari Surabaya seperti Yenni Halim (loklok.kulay), Ibu Yana Narsih (Depot Gang Djangkrik Group) serta Jasa Transportasi Logistik demi kelancaran proses donor darah tersebut. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES