Kopi TIMES

Interaksi Intepretasi Ilmu Informasi

Minggu, 11 April 2021 - 11:34 | 18.60k
Interaksi Intepretasi Ilmu Informasi
Ferika Sandra; Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang Malang.
Editor: Irfan Anshori

TIMESINDONESIA, MALANG – Era digital seperti sekarang membuat masyarakat lebih aktif dalam berinteraksi melalui media daring, terlebih dalam mendapatkan informasi. Penyebaran informasi yang semakin cepat melalui media digital dikarenakan oleh kemajuan teknologi yanng semakin berkembang. Belum lagi perihal dampak dari pandemi Covid-19  yang mengharuskan seluruh lapisan masyarakat melakukan kegiatan di rumah.

Otomatis informasi yang didapatkan oleh masyarakat bersumber dari media digital maupun internet. Secara sederhana, informasi selalu bersinggungan dengan kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh setiap individu. Bahkan ilmu pengetahuan merupakan salah satu bentuk sebuah informasi, yang mana informasi yang diterima telah dikelola dengan intelektual seseorang hingga menjadi sebuah wawasan atau pengetahuan baru.

Ilmu informasi merupakan hal yang terkait dengan informasi dan pemanfaatannya atau sebuah bentuk intepretasi informasi dan perilaku masyarakat berinformasi. Oleh karena itu, diperlukan adanya tata kelola informasi yang baik. Hal ini penting digunakan dalam menghadapi segala jenis informasi yang diterima oleh masyarakat.

Semakin masif penyebaran informasi, menjadikan banyak informasi tersebut simpang siur dan menyebabkan munculnya istilah filter bubble. Hal itu yang menentukan informasi apa saja yang akan ditemukan di internet dan keamanan terhadap informasi pribadi juga diragukan. 

Pun begitu pandangan bahwa setiap individu harus memiliki kemampuan nalar terhadap apa informasi yang diterima.  Jika masyarakat mengonsumsi sumber yang tidak penting, maka hasilnya pun juga tidak akan mendapatkan esensi yang mendalam.

Oleh karena itu, pemanfaatan media sosial harus digunakan dengan bijak dan selektif dalam memberikan informasi pribadi. Meski pada kenyataannya era sekarang sangatlah rumit dan kompleks untuk menghadapi dan menyaring informasi sehingga diperlukan keahlian dalam tata kelola informasi. 

Bijak Pengelolaan

Tata kelola informasi menjadi salah satu cara mengelola informasi dengan bijak. Menilik dari banyaknya informasi yang beredar luar dan besar-besaran, sudah tentu sebagai mahasiswa yang menjadi salah satu aktor berinformasi harus mampu menelaah dan menganalisis informasi mana yang tepat dan informasi mana yang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada.

Oleh karena itu diperlukan kemampuan dan penguasaan terhadap tata kelola informasi. Beberapa hal tentang proses informasi terjadi di tengah masyarakat dan bagaimana agar kita mampu mengelola informasi dengan baik menjadi hal yang perlu diperhatikan. Sebab pada dasarnya informasi diciptakan, disebarluaskan, dan diterima untuk kemudian menjadi sebuah pengetahuan dan mengendap menjadi kecerdasan bagi setiap individu.

Tata kelola informasi dalam perembangannya meliputi tiga hal yaitu filosofi, konsep, dan strategi yang mana ketiga hal tersebut memiliki hubungan dalam terciptanya sistem tata kelola informasi yang baik. Di dalam tata kelola informasi, manusia atau individu dituntut untuk bersikap bijak terhadap segala bentuk informasi yang beredar.

Dilihat dari besarnya resiko pada digital informasi saat ini, filterisasi informasi harus dikuasai agar tidak terjadi kebocoran informasi pribadi ditengah maraknya informasi yang beredar.  Maka dikenalah spektrum pengetahuan sebagai managemen informasi dan pengembangan informasi. 

Dewasa kini setiap individu mendapatkan data melalui suatu kejadian dan simbol-simbol yang ada, untuk kemudian diproses dengan pengetahuan yang dimiliki sehingga membentuk sebuah kebijaksanaan yang dimiliki oleh seorang individu. Pun, cara kerja tata kelola informasi selalu diiringi oleh kebijakan informasi yang menjamin keamanan terhadap informasi itu sendiri.

Kompleksitas Informasi

Perlunya masyarakat mampu menguasai pemahaman terhadap tata kelola informasi menjadi keharusan bagi setiap individu. Ini sekaligus menjawab bahwasannya ilmu informasi erat kaitannya terhadap ilmu perpustakaan yang mempelajari tentang bagaimana mengelola seluruh ilmu pengetahuan yang ada. 

Tata kelola informasi juga berkaitan dengan penyimpanan dan penemuan kembali informasi. Storage and retrieval juga menjadi salah satu hal yang utama dalam tata kelola informasi. Selain itu, terdapat tiga poin penting informasi bisa diterima ketika informasi tersebut terpercaya, akurat dan tepat waktu. 

Beberapa manfaat dari penguasaan tata kelola informasi bidang dalam bidang administrasi tentu akan membuat segala sesuatu menjadi lebih efisien. Mengingat nantinya informasi akan tersedia dengan mudah, dapat dipercaya, dan tepat waktu. Implikasi masyarakat dapat melakukan pengambilan keputusan berdasarkan informasi tersebut.

Selain itu, lebih sedikit waktu dan uang yang dibutuhkan untuk mengelola informasi yang tidak diperlukan sehingga penyimpanan dan biaya operasional dapat diminimalkan. Penerapan tata kelola informasi  dengan baik bisa dilihat dari pengelolaan tugas dan tanggung jawab yang lebih jelas serta memastikan kerahasiaan dan keamanan informasi pada suatu korporasi atau lembaga. 

Keterkaitan antara ilmu perpustakaan dan ilmu informasi pula terlihat jelas pada bagaiman tata kelola informasi tersebut berjalan. Sehingga tantangan yang dihadapi oleh para profesional informasi akan lebih kompleks seiring dengan adanya perkembangan digital teknologi.

Tentu saja bahwa tata kelola dan kebijakan informasi berlaku juga dalam banyak kegiatan salah satunya di dalam sebuah koorporasi maupun perusahaan. Maka dari itu kompetensi terhadap penguasaan tata kelola informasi akan memiliki banyak peluang untuk seorang individu dibutuhkan dalam banyak aspek pekerjaan yang ada pada era digital seperti saat ini.

***

*)Oleh: Ferika Sandra; Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang
Malang.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

***

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

EKORAN

TERBARU

  • Taste the Super Spicy Smoked Tuna with Curry Gravy at Esto Coffee Malang
    Taste the Super Spicy Smoked Tuna with Curry Gravy at Esto Coffee Malang
    10/05/2021 - 01:03
  • Pandemi, Jumlah UMKM di Kota Probolinggo Justru Meningkat
    Pandemi, Jumlah UMKM di Kota Probolinggo Justru Meningkat
    10/05/2021 - 00:01
  • Yatim Piatu dan Duafa Terima Santunan Akbar Yasin Banjarnegara
    Yatim Piatu dan Duafa Terima Santunan Akbar Yasin Banjarnegara
    09/05/2021 - 23:44
  • Jelang Lebaran, PKB Kota Bandung Gencar Berbagi
    Jelang Lebaran, PKB Kota Bandung Gencar Berbagi
    09/05/2021 - 23:22
  • Tinjau Penyekatan Mudik 2021 di Brebes, Begini Kata Menteri PUPR RI
    Tinjau Penyekatan Mudik 2021 di Brebes, Begini Kata Menteri PUPR RI
    09/05/2021 - 23:08

TIMES TV

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

01/04/2021 - 15:58

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi
Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo

Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo
Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan

Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan
The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Bipang, Mudik, Dan Komunikasi Kepresidenan
    Bipang, Mudik, Dan Komunikasi Kepresidenan
    09/05/2021 - 11:16
  • Ngopi Pagi: Zakat, Infaq, dan Sedekah
    Ngopi Pagi: Zakat, Infaq, dan Sedekah
    09/05/2021 - 10:28
  • Larangan Mudik di Masa Pandemi yang Tidak Efektif
    Larangan Mudik di Masa Pandemi yang Tidak Efektif
    09/05/2021 - 07:16
  • Viral Pemudik Menangis, Antara Empati dan Tuntutan Tugas Seorang Aparat
    Viral Pemudik Menangis, Antara Empati dan Tuntutan Tugas Seorang Aparat
    08/05/2021 - 20:39
  • Menjawab Optimisme, Pemuda menjawab Tantangan
    Menjawab Optimisme, Pemuda menjawab Tantangan
    08/05/2021 - 18:32
  • James Bond dan Lailatul Qodar
    James Bond dan Lailatul Qodar
    08/05/2021 - 17:06
  • Antisipasi Tsunami Covid-19
    Antisipasi Tsunami Covid-19
    08/05/2021 - 17:01
  • Penyesuaian Budaya Mudik di Tengah Pandemi
    Penyesuaian Budaya Mudik di Tengah Pandemi
    08/05/2021 - 16:00

KULINER

  • Taste the Super Spicy Smoked Tuna with Curry Gravy at Esto Coffee Malang
    Taste the Super Spicy Smoked Tuna with Curry Gravy at Esto Coffee Malang
    10/05/2021 - 01:03
  • Berikut Makanan Khas Pamekasan yang Wajib untuk Dicicipi
    Berikut Makanan Khas Pamekasan yang Wajib untuk Dicicipi
    09/05/2021 - 15:58
  • Kue Lebaran Unik, Mirip Batu Bata Lengkap dengan Semen dan Cetoknya
    Kue Lebaran Unik, Mirip Batu Bata Lengkap dengan Semen dan Cetoknya
    09/05/2021 - 09:42
  • Mengenal Bipang Ambawang, Makanan Khas Kalimantan
    Mengenal Bipang Ambawang, Makanan Khas Kalimantan
    08/05/2021 - 14:30
  • Gubernur Jatim Khofifah Hadiri Pisah Sambut Pangkoarmada II di Atas KRI Bima Suci
    Gubernur Jatim Khofifah Hadiri Pisah Sambut Pangkoarmada II di Atas KRI Bima Suci
    08/05/2021 - 10:40