Peristiwa Daerah

Tradisi Munggahan di Tasikmalaya, Super Market Jadi Incaran

Minggu, 11 April 2021 - 00:04 | 101.73k
Dua pegawai Asia Super Market menata produk kue kaleng pabrikan dan kue kemasan olahan produk lokal, di Area Lorong tengah Mall Asia Plaza Kota Tasikmalaya. (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)
Dua pegawai Asia Super Market menata produk kue kaleng pabrikan dan kue kemasan olahan produk lokal, di Area Lorong tengah Mall Asia Plaza Kota Tasikmalaya. (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Beberapa pusat perbelanjaan di Kota Tasikmalaya, salah satunya Mall Asia Plaza sepekan menjelang bulan Suci Ramadan yang dikenal dengan tradisi Munggahan terjadi peningkatan pengunjung, yang menjadi incaran adalah area super market.

Manajer toko Area Super market Mall Asia Plaza Hindriana yang akrab disapa Hinhin mengungkapkan, beberapa hari ini peningkatan kunjungan ke area super market meningkat, sebagian besar pengunjung didominasi oleh kalangan ibu-ibu rumah tangga.

“Sudah menjadi kebiasaan masyarakat Kota Tasikmalaya, bahkan mungkin di Indonesia kalau sepekan menjelang Bulan Ramadan melakukan tradisi munggahan (istilah orang sunda menjelang Ramadan)," ungkapnya kepada TIMES Indonesia di area super market, Sabtu (10/4/2021). 

Pria berkacamata ini menerangkan, pengunjung yang datang ke area super market sebagian besar mengincar makanan ringan seperti kue kaleng dan minuman kemasan. Untuk memberikan kenyaman layanan kepada para pengunjung pihaknya membuat beberapa ruang pajangan seperti di area lorong tengah super market dibuat pajangan selebar tiga meter dengan panjang 12 meter. Kemudian, di area pojok belakang seluas tiga meter panjang 18 meter serta di area fresh yang menyajikan kemasan minuman dingin.

"Sengaja kami membuat setingan seperti ini, selain untuk memudahkan dan kenyamanan layanan kepada para pengunjung, kami juga menghindari kerumunan karena saat ini masa pandemi," jelasnya.

Di masa pandemi pihaknya juga membuat tim satuan gugus tugas intern yang berfungsi untuk mengingatkan para pengunjung agar menerapkan protokol kesehatan, mulai mencuci tangan sebelum masuk area mall dan memakai masker menjadi satu kewajiban para pengunjung. Bahkan kerap petugas pun mengingatkan untuk tidak berkerumun terutama menjelang kassa pembayaran.

Selain itu juga pihaknya memfasilitasi kepada warga masyarakat yang tidak sempat datang ke super market dengan menyediakan layanan belanja online di media sosial melalui whatsapp dan beberapa informasi program penjualan dapat dilihat melalui akun Instagram.

Di tempat yang sama, seorang ibu rumah tangga warga Kampung Cicantel Kawalu, Mimin Aminah mengungkapkan dirinya datang ke supermarket Asia Plaza ini sekedar untuk rekreasi mengisi liburan akhir pekan bersama keluarga.

"Saya belanja ke sini untuk beli bekal untuk anak anak, kebetulan mau liburan ke objek wisata Situ Gede, jadi sambil jalan- jalan mampir dulu kesini beli kue dan minuman untuk bekal di Situ Gede," ungkapnya.

Mengulas perihal kenaikan harga beberapa kebutuhan bahan pangan yang terjadi saat ini Hinhin tak menampik. Namun pihaknya selalu berkoordinasi dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) agar kenaikan harga permintaan pasar dapat dikendalikan dan tidak merusak pertumbuhan bisnis ritel yang sedang digalakan.

"Memang ada beberapa harga yang naik seperti daging ayam dan telur ayam, harganya meningkat sekitar sepuluh persen," pungkasnya terkait kenaikan harga jelang Ramadan(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES