Gaya Hidup

Berpotensi Mengikis, Perawatan Kulit Ini Tak Boleh Dipakai Tiap Hari

Sabtu, 10 April 2021 - 11:00 | 54.44k
Ilustrasi skincare. Foto: Pinterest
Ilustrasi skincare. Foto: Pinterest

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menggunakan produk perawatan kulit atau skincare memang dianjurkan untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Pada umumnya penggunaan skincare dapat dilakukan dengan urutan sabun wajah, toner, serum, pelembab, dan sunblock. Urutan tersebut dapat digunakan untuk sehari-hari.

Beda dengan skincare untuk malam hari yakni dengan mengganti sunblock dengan krim malam saja. Jika hal ini dilakukan secara rutin, akan mengembalikan elastisitas kulit dan membuat kulit menjadi lebih terawat. 

Akan tetapi, masyarakat seiring berkembangnya waktu mengenal produk dengan tambahan scrub dan exfoliate. Sebenarnya hal ini tidak cukup baik untuk digunakan setiap hari. Dengan begitu, ini beberapa skincare yang disarankan agar tidak digunakan setiap hari: 

1. Toner Eksfoliasi

Toner eksfoliasi merupakan toner dengan kandungan utama berupa alpha-beta hydroxy acid (AHA dan BHA). Tujuannya adalah mengangkat sel kulit mati sehingga warna cerah alami dari kukit wajah akan terlihat. Akan tetapi jika hal ini digunakan setiap hari, dapat menyebabkan beruntusan, kering, sampai menimbulkan jerawat. Toner eksfoliasi paling sering digunakan dua kali dalam seminggu. 

2. Facial Scrub

Facial scrub merupakan pembersih wajah dengan tekstur lembut ditambah butiran kasar untuk mengikis kulit mati pada wajah. Jadi selain menggunakan toner eksfoliasi, juga dapat menggunakan facial scrub untuk membersihkannya. Karena memiliki sifat yang sama dengan toner eksfoliasi, maka facial scrub hanya boleh dipake minimal dua kali seminggu dan maksimal 3 kali dalam seminggu. 

3. Peeling skincare

Peeling sama hal nya dengan perawatan eksfoliasi lainnya. Hanya saja, bentuknya berbeda-beda. Ada yang berupa scrub ataupun chemical peeling. Hanya saja yang membedakan untuk chemical peeling dia akan tetap mengeksfoliasi akan tetapi dari dalam kulit. Durasi untuk menggunakan juga harus diperhatikan. Yakni satu hingga dua kali dalam seminggu. Jadi setelah memakai, harus memberikan ruang untuk kulit agar dapat bernafas kembali setelah dibersihkan. 

4. Pore Pack

Pore pack biasanya digunakan untuk membersihkan komedo. Cara menggunakannya cukup dengan menempelkan pada hidung kemudian melepasnya setelah sekitar enam menitan. Dia bekerja untuk menghilangkan komedo sehingga akan mengikis kulit pada bagian paling atas. Maka jika digunakan tiap hari akan melukai kulit dekat dengan area hidung.

Dengan memahami fakta di atas, maka sebaiknya Anda kini lebih berhati-hati dalam memakai produk perawatan kulit. Semoga bermanfaat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES